Lihat ke Halaman Asli

Shilvia Yulianti S

Mahasiswa Jurnalistik Universitas Padjadjaran

Mengungkap Dilema Boikot Musisi Pro Israel dalam Konteks Konflik Global

Diperbarui: 3 Juli 2024   21:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi dilema memboikot musisi pro Israel dalam konteks konflik global (dari IDN Times dan diolah pribadi)

Dunia musik tak luput juga dari politik global. Hal ini dapat terlihat dengan maraknya seruan boikot terhadap musisi yang dianggap pro-Israel, yang memicu perdebatan sengit dan dilema etika. 

Di satu sisi, terdapat dorongan kuat untuk menyuarakan solidaritas terhadap rakyat Palestina yang tertindas. Di sisi lain, kekhawatiran akan pelanggaran kebebasan berekspresi dan hak asasi manusia juga muncul.

Fenomena ini menunjukkan kompleksitas hubungan antara musik dan juga politik. Musik, sebagai media seni dan hiburan, tidak jarang menjadi platform untuk menyampaikan pesan politik dan sosial. 

Namun, ketika musik dikaitkan dengan isu-isu kontroversial seperti konflik Israel-Palestina, hal ini dapat memicu reaksi beragam dan perdebatan yang cukup panas.

Sejarah dan Motivasi di Balik Keputusan Boikot

Boikot terhadap musisi yang tampil di Israel atau yang menunjukkan dukungannya terhadap pemerintah Israel bukanlah hal baru. Sejak awal abad ke 21, gerakan pro-Palestina telah menggunakan strategi non-kekerasan untuk menekan Israel agar mengubah kebijakannya terhadap Palestina.

"Boikot ini sebenernya hadir dari rasa frustasi dan ketidakpuasan terhadap pendudukan Israel di Palestina dan kebijakan diskriminatif yang dilakukan oleh mereka," kata Allan, aktivis hak asasi manusia.

Gerakan boikot ini didorong oleh perasaan frustasi terhadap pendudukan Israel di Tepi Barat, blokade Jalur Gaza, dan berbagai kebijakan Israel yang dianggap diskriminatif terhadap rakyat Palestina. 

Para musisi yang menjadi target boikot tentunya diharapkan bisa menunjukkan solidaritasnya terhadap rakyat Palestina dengan menolak tampil di Israel atau bekerja sama dengan entitas yang terlibat dalam pendudukan atau pelanggaran hak asasi manusia di Palestina.

Peran Media Sosial dan Aktivisme dalam Menyuarakan Boikot

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline