Lihat ke Halaman Asli

Shila Radasahila

Mahasiswa Aktif

Merancang Strategi Promosi di KKPRI Mart SETDA Prov. Jawa Timur dalam Praktik Kerja Lapangan

Diperbarui: 10 Juli 2024   00:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Shila Radasahila, Agung Pudjianto.

Saya Shila Radasahila peserta magang Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya berkesempatan melaksanakan magang di KKPRI Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur yang berlangsung selama 2,5 bulan, dimulai pada tanggal 15 Januari 2024 hingga 08 Maret 2024. Koperasi Konsumen Pegawai Republik Indonesia (KKPRI) Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur telah berdiri dan berbadan hukum sejak tahun 1993, koperasi ini berada di Gedung Pemerintahan Provinsi Jawa Timur Sekretariat Daerah yang terletak di Jl. Pahlawan No.110, Kecamatan Bubutan Kota Surabaya. KKPRI Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur memiliki tiga unit usaha yaitu, unit simpan pinjam, unit pertokoan, dan unit percetakan. KKPRI memiliki kegiatan yang berfokus pada upaya untuk mensejahterakan Pegawai Negeri Sipil sebagai anggotanya. Melalui KKPRI, Pegawai Negeri Sipil dapat memperoleh tambahan penghasilan yang diperlukan dengan cara menawarkan kegiatan usaha simpan pinjam.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

KKPRI memiliki unit salah satunya unit toko yaitu KKPRI Mart, Saya menemukan bahwa koperasi belum memiliki strategi pemasaran yang efektif lalu Saya menyarankan bahwa koperasi perlu mengembangkan strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif. Salah satu pendekatan yang mereka usulkan adalah promosi harga yang menarik. Promosi harga, seperti diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu dan potongan harga, diharapkan dapat menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan. Promosi harga tidak hanya menarik perhatian pelanggan baru, tetapi juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan lama. Dengan adanya perubahan strategi pemasaran ini, diharapkan KKPRI Mart dapat mencapai pertumbuhan yang lebih baik. 

Kehadiran mahasiswa magang telah memberikan dampak positif dan membuka jalan bagi inovasi dalam pemasaran di KKPRI Mart, Mahasiswa juga mendapatkan dampak positif dalam proses mempromosikan produk dan berinteraksi dengan pelanggan, meningkatkan keterampilan komunikasi mereka dan belajar cara berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan, rekan kerja, dan manajemen, yang merupakan keterampilan penting di dunia kerja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline