MENGAPA MILENIAL TIDAK MAU MENJADI GURU?
Shifwatunnisaa Nadzifatulloh
Profesi guru memerankan fungsi yang sangat penting dalam upaya untuk meningkatkan pengembangan sumber daya manusia di seluruh dunia. Setelah kekalahan Jepang terhadap sekutu, Kaisar Jepang Hirohito bertanya berapa jumlah guru yang selamat dari peperangan atau masih hidup. Kaisar Jepang Hirohito memepercayakan pembanguan kembali Jepang yang hancur pada para guru melalui pendidikan yang sukses.
Menurut Janes "Jepang posisinya sudah berada di atas peringkat internasional di bidang pendidikan. Jepang mungkin telah mencapai posisi yang konsisten dan negara lain mungkin bisa belajar dari pengalaman Jepang.
Sistem Pendidikan Jepang didasarkan pada komitmen yang mendalam untuk guru yang konkrit dan abadi. Jepang sukses menjadi tenaga pengajar kelas satu, luar biasa dukungan keluarga untuk siswa Jepang di rumah, cara sumber daya difokuskan pada instruksi dan insentif kuat yang disediakan oleh sistem siswa untuk mengambil kursus yang sulit dan belajar keras di sekolah".
Hasil temuan dari Janes dan Harwell bahwa kemajuan Jepang terletak di dalam komitmen pemerintahan Jepang untuk meningkatkan kualitas dan juga profesionalisme guru. Sedangkan menurut Watanabe dengan membentuk profesionalisme guru akan menghasilkan pendidikan yang maju sebagai alat untuk memecahkan masalah Jepang di abad 21.
Di Jepang, dimulai dengan pengembangan profesionalisme guru sebagai alat untuk meningkatkan mutu pendidikan untuk menghadapi tantangan bangsa me, dan membuat kemajuan.
Usahanya sebenarnya mudah. Lewis mengatakan guru biasanya bertemu untuk membahas masalah umum dan rencana pelajaran bersama yang memiliki tema utama, seperti pengembangan keterampilan atau pemahaman dan disebut juga lesson research yang diajarkan oleh seorang guru dan diamati tidak hanya oleh semua guru yang melakukan perencanaan, tetapi juga oleh pengamat.
Lesson study melibatkan sesi tanya-jawab pasca-pelajaran di mana pelajaran dibahas panjang lebar, seringkali dengan saran untuk perubahan dari pengamat termasuk akademisi yang diundang atau pensiunan guru yang sangat berpengalaman.
Guru merupakan bagian yang sangat penting atas pendidikan. Bahkan dapat dikatakan bahwa guru merupakan kunci paling penting untuk mengembangkan pendidikan yang bermutu.
Sejak manusia mampu berpikir dan mengenal ilmu pengetahuan profesi sebagai guru sudah ada. Sepanjang sejarah manusia, profesi guru selalu menjadi pusat perhatian masyarakat.