Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan yang melibatkan proses merencanakan, mengatur, dan melaksanakan konsep-konsep yang berkaitan dengan promosi, penjualan, distribusi, dan penciptaan nilai produk atau layanan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Perkembangan konsep pemasaran
Konsep pemasaran adalah se- buah falsafah bisnis yang menyata- kan bahwa pemuas kebutuhan debit- ur merupakan syarat ekonomis dan sosial bagi kelangsungan hidup per- usahaan (Henry Assael, 1990). Perluasan konsep pemasaran dapat diartikan sebagai upaya perusahaan untuk memuaskan semua stakeholder-nya, tidak hanya konsumen dan investor, tetapi juga karyawan.
Awal munculnya konsep pemasaran
Awal mula munculnya konsep pemasaran dikenalkan pada tahun 1950, bermula pada penilaian bahwa perusahaan terlalu berorientasi pada volume penjualan dan cenderung mengabaikan kepentingan konsu- men. Karena pemasaran pada waktu itu, dianggap hanya mempunyai fungsi untuk menciptakan perminta- an atas produk yang dihasilkan oleh perusahaan (Boarden, 1964).
Unsur - Unsur konsep pemasaran
- Orientasi pada konsumen
Perusahaan harus mengacu pada kebutuhan pokok konsumen, menentukan kelompok pembeli, dan menentukan produk dan program pemasaran.
- Penyusunan kegiatan secara integral
Semua orang di perusahaan harus terlibat dalam usaha yang telah dikoordinir sebelumnya.
- Kepuasan konsumen
Perusahaan harus berusaha memenuhi kepuasan konsumen agar bisa memperoleh laba yang banyak.
Beberapa konsep pemasaran yang bisa dilakukan
1. Konsep Produksi (Production Concept)
Dalam konsep ini, berkeyakinan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang telah tersedia dimanapun dengan harga murah. Penganut konsep ini biasanya akan berkonsentrasi pada upaya untuk menciptakan efisiensi produksi, biaya rendah, dan distribusi massal, sehingga menganggap bahwa konsumen akan tertarik pada ketersedian produk dengan harga yang murah.
2. Konsep Produk (Product Concept)