Perkembangan kurikulum saat ini sangat berkembang pesat, baik secara teoretis maupun praktis. Jika dahulu kurikulum tradisional lebih banyak berfokus pada mata pelajaran dengan sistem penyampaian penuangan, maka sekarang kurikulum lebih banyak diorientasikan pada dimensi -mensi baru, contohnya itu seperti kecakapan hidup, pengembangan diri, pembangunan ekonomi dan industri, era globalisasi dengan berbagai permasalahnya, politik bahkan dalam praktiknya telah menyentuh dimensi teknologi terutama teknologi informasi dan komunikasi.
Kurikulum merupakan salah satu aspek terpenting dalam dunia pendidikan. Kurikulum adalah suatu sistem yang memuat berbagai kegiatan siswa secara rinci menuju tercapainya tujuan pendidikan ( Fatimah, 2021 ). Dalam perkembangan pendidikan, kurikulum dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Kurikulum sering dijadikan sebagai sasaran korban dalam arti kegagalan pendidikan yang disebabkan dengan pergantian kurikulum.
Inovasi kurikulum merupakan keniscayaan yang harus dipersiapkan oleh lembaga pendidikan untuk memenuhi dengan tuntunan dan kebutuhan masyarakat. Sebagai acuan dalam proses pembelajaran kurikulum harus mampu menghasilkan dan melatih peserta didik yang diharapkan masyarakat sesuai dengan kebutuhan zaman ( Juleha et al, 2021 ).
Pembelajaran Ekonomi bersifat dinamis karena dekat dengan ativitas keseharian siswa. Oleh karena itu mata pelajaran ekonomi perlu diajarkan sebagai bentuk persiapan menghadapi masa yang akan datang. Tujuan jurusan ekonomi dalam Undang - Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pada jenjang sekolah menengah yang terdiri dari empat bagian yaitu : 1) memahami beberapa konsep yang menghubungkan kejadian dan isu seputar individu, rumah tangga, komunitas dan negara. 2) menujukan sikap ingin tahu terhadap beberpa konsep ekonomi yang diperlukan dalam studi ekonomi. 3) mengambil keputusan yang bertanggung jawab tentang nilai - nilai sosial ekonomi dalam masyarakatmajemuk, baik secara nasional maupun internasional.
Pembelajaran ekonomi setidaknya harus memuat kasus - kasus ekonomi yang ada dalam keseharian. Kemudian salah satu kelemahan pendidikan Keuangan disekolah adalah meteri pendidikan yang jarang membahas jenis kehidupan keuangan yang ditemui dan dialami siswa dalam kehidupan sehari - hari.
Staretigi Inovasi kurikulum perlu dilakukan sebagai upaya untuk perbaikan dan penyesuian terhadap kurikulum yang ada serta mencapai tujuan pendidikan. Hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan strategi inovasi yaitu program yang dilaksanakan harus menimbulkan kesadaran seseorang atas tersedianya fasilitas yang diperlukan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H