Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Sub Pokok Pada Matematika Ekonomi Terhadap Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran

Diperbarui: 24 April 2024   19:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Fungsi Permintaan menunjukan hubungan antara jumlah produk dengan harga produk. Dalam teori mekonomi dijelaskan hukum Permintaan bahwa jika harga naik maka jumlah produk yang diminta turun, demikian juga sebaliknya jika harga turun maka jumlah barang yang diminta naik. 

Pengarih fungsi Permintaan mengakibatkan fungsi penawaran, hal ini terjadi karena keseimbangan pasar. Fungsi Penawaran menunjukan hubungan antara jumlah produk yang ditawarkan oleh produsen untuk dijual dengan harga produk. Di dalam teori ekonomi dijelaskan hukum penawaran bahwa jika harga naik maka jumlah barang yang ditawarkan bertambah, sebaliknya jika harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun. 

Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran dipengaruhi oleh adanya harga barang yang terlalu tinggi, pendapatan konsumen yang rendah, harga barang yang sesuai dengan harapan konsumen, adanya harga barang lain yang saling berhubungan, dan harga barang pada periode yang akan datang diharapkan tidak melambung tinggi.

Fungsi dari ke adalah relasi khusus yang memasangkan tiap - tiap anggota dengan tepat satu anggota y. Himpunan x selanjutnya disebut sebagai daerah asal dan himpunan y disebut daerah kawan. Himpunan semua anggota y yang merupakan peta atau bayangan dari unsur x disebut himpunan nilai fungsi f dan disebut jelajah fungsi f. Jika fungsi f memetakan sebagian saja anggota x ke himpunan y maka daerah asal dari dikatakan daerah asal alamiah. Pada notasi y = f(x), x dikatakan peubah bebas dan y dikatakan peubah terikat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline