Lihat ke Halaman Asli

Warung "KaTa Pasur" Beserta Serba-serbi Telangnya

Diperbarui: 12 Januari 2018   14:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Warung KaTa Pasur, membaca kata warung mayoritas orang akan berpikir dan menyimpulkan  bahwa ini adalah tempat jual beli. Eitts, tapi jangan menyimpulkan dulu. Warung KaTa Pasur, warung bukan sembarang warung. Warung KaTa Pasur yang terletak di Dusun Tegal Mulyo, RT 1 RW 5, Desa Polan, Kecamatan Polanharjo. Lokasi warung ini berhadapan dengan Pusat Belajar Pertanian Polanharjo yg saat ini dikelola oleh temans LSM Gita Pertiwi. Tidak hanya jual beli warung yang dari namanya saja unik ini, ternyata memiliki beragam keunikan lainya.

Mulai dari namanya, KaTa singkatan dari Kanda Takon. Artinya tanya-jawab, dialog, ngobrol bebas santai.  Sedangkan Pusur diambil dari nama sungai yg melintas di beberapa desa di Kecamatan Polanharjo, Klaten. Daerah Aliran Sungai (DAS) Pusur adalah bagian dari DAS Bengawan Solo. Di Kelilingi daerah desa wisata warung ini pun memiliki program-program yang tujuanya tidak lain tidak bukan untuk kebermanfaatan bagi lingkungan sekitarnya.

Mengutip dari laman website www.warungkatapasur.blogspot.com, "Idealnya semua pihak yg terlibat ke dalam pengelolaan sungai melakukan dialog terbuka, sejajar, saling mengenal kepentingan dan kebutuhannya masing-masing. Tidak ada yg merasa lebih berjasa dibanding yg lain. 

Sehingga proses pengambilan keputusan berjalan demokrasi dengan memfasilitasi kepentingan publik yg lebih luas, dan bukan pesan sponsor kepentingan satu-dua pihak pemilik kapital yg dominan. Sebuah cita-cita mulia. Hanya akan terjadi bila para pihak berkepentingan ini sering ketemu dan mengobrol saling mengenal. Warung KaTa Pusur diharapkan menjadi media agar obrolan ini terjadi".

Warung ini merupakan tempat ngobrol berbagai elemen yang di dalamnya mempunyai tujuan saling berpartisipasi dalam membangun dan memberdayakan sumber daya yang dimiliki Desa Polan. Fungsi partisipatif ini yang diharapkan dapat terjadi pola relasi yang lebih baik entah dari pemangku kebijakan, masyarakat sekitar, dan steakholder terkait.

Selian itu Warung KaTa Pasur memiliki keunikan lain yaitu ciri khas dari warung ini sendiri Bunga Telang. Produk Bunga Telang ini merupakan menu khas yang bisa dibuat untuk menjadi bahan Teh, pewarna bubur, nasi, klepon, dll. Selain warnanya yang mencolok biru, khasiat dari Bunga Telang dipercayai dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Warung KaTa Pasur beserta serba-serbi Telangnya ini jika dijadikan sebuah inovasi pengelola warung dalam mengajak warga sekitar untuk ikut proses menanam, sosialisasi makanan dari bahan Bunga Telang. Memiliki sisi ekonomis, bunga telang mempunyai harga Rp.1.800 per gram, dengan itu warga bisa saja menanan untuk keperluan tambahan penghasilan.

Harumnya Bunga Telang, nikmatnya teh Telang, dan berbgai macam olahan lainya. Membuat Warung bukan sembarang warung ini menjadi inovasi baru dan pastinya akan banyak lagi program yang ada di Warung KaTa Pasur ini kedepan.

Nikmatilah ngobrol sambil menyedu Teh Telang...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline