Lihat ke Halaman Asli

Shevanya Aprilia T. Chajatun

Mahasiswa Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Satya Wacana

Soft Power Korea Selatan sebagai Alat untuk Berdiplomasi

Diperbarui: 9 Oktober 2023   23:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

benihilmu.com

Korea Selatan memiliki soft power yang lebih kuat dibandingkan dengan hard power yang  dimilikinya seperti idol korea yang menjadi alat kuat Korea Selatan dalam mempromosikan soft power yang dimiliki. Idol korea adalah sebutan untuk para artis atau selebriti pop Korea Selatan yang biasanya terdiri dari penyanyi, penari, aktor/aktris, yang memiliki penggemar, mendapatkan popularitas yang tinggi, dan bahkan mempunyai pengaruh yang besar. Ciri khas dari idol Korea dalam memikat para penggemarnya yaitu dengan musik dan penampilan mereka yang dimana mereka terkenal dengan kemampuan mereka dalam bernyanyi dan menari, mereka pun memiliki penampilan yang menarik dan memiliki wajah yang cantik dan tampan, hal tersebut menjadi ciri khas mereka karena dalam industri kpop penampilan fisik sangat penting, oleh karena itu sudah tidak heran mereka sering melakukan operasi plastik untuk penampilan mereka. 

Selain itu, idol kpop terkenal dengan pelatihan mereka yang keras sebelum mereka debut, pelatihan mereka dilakukan seperti pelatihan vocal, pelatihan tari dan pelatihan dalam berbicara dan berperilaku di depan kamera. Selain dalam dunia musik mereka pun sering tampil di berbagai media seperti di variety show, film, dan di acara tv lainnya. Dengan mereka tampil di berbagai media, mereka bisa mendapatkan penggemar yang banyak dan bisa mendapatkan popularitas yang lebih luas, bahkan penggemar mereka sering disebut "penggemar fanatik" dan sering melakukan berbagai bentuk dukungan kepada idol, seperti melakukan donasi, dan melakukan kegiatan-kegiatan lainnya untuk mendukung idol mereka. 

Berdasarkan pengaruh-pengaruh tersebut, idol Korea memberi dampak positif bagi Korea Selatan dalam hal meningkatkan citra dan memperluas pengaruh budaya Korea Selatan ke seluruh dunia. Pemerintah Korea Selatan pun ikut mendukung promosi idol kpop secara aktif sebagai bagian dari strategi diplomasi. 

Salah satu contoh pengaruh idol Korea sebagai alat diplomasi Korea Selatan yaitu, pada boyband BTS yang memberikan pidato di sidang umum ke-76 di New York, AS. BTS diberikan penghargaan sebagai duta pemuda dari UNICEF pada 2017, mereka pun aktif mendukung kampanye-kampanye UNICEF yang berfokus pada masalah-masalah seperti Pendidikan, kesehatan mental, dan dukungan untuk anak-anak yang terpengaruh konflik. Dalam pidatonya, BTS berbicara tentang pentingnya Pendidikan dan kesehatan mental, terutama selama masa pandemic COVID-19; mereka juga berbicara tentang dampak besar yang dapat dimiliki oleh generasi muda dalam menciptakan perubahan positif bagi dunia. 

Berdasarkan pidato yang BTS sampaikan, mereka mendapatkan perhatian dunia tentang bagaimana kita sebagai generasi muda yang putus asa karena adanya pandemi harus sadar terhadap mimpi yang ingin dicapai karena kita mempunyai harapan. BTS menyampaikan kecemasan mereka tentang bagaimana jika generasi muda memiliki harapan tetapi tidak ada mimpi. Pidato yang disampaikan oleh BTS berpengaruh sampai ke seluruh dunia karena adanya penggemar yang dapat dijadikan sebagai penyambung informasi mengenai betapa pentingnya generasi muda harus memiliki harapan dan mimpi, karena kita memiliki peran penting untuk menciptakan perubahan yang positif bagi dunia.

Contoh yang dilakukan oleh boyband BTS pada sidang umum PBB merupakan bentuk diplomasi publik yang dilakukan Korea Selatan, karena hal tersebut mendorong masyarakat untuk mencari tau dari mana asal BTS, sehingga Korea Selatan diuntungkan dalam berbagai hal, seperti pariwisata dan ekonomi. yang tentunya akan berdampak bagi kemajuan dan popularitas negara tersebut. 

Korea Selatan menggunakan soft power mereka yaitu Idol Korea untuk mencapai kepentingan nasional negara dan mendapat keuntungan dari hal tersebut. Seperti contohnya yang didapatkan Korea Selatan yaitu mengubah pandangan dunia terhadap  negara tersebut, bahwa orang Korea memiliki pribadi yang kasar tetapi karena mereka memiliki soft power yang telah tersebar ke seluruh dunia membuat fakta tersebut tertutupi dengan citra baik idol Korea yang dibentuk oleh para agensi mereka, tidak heran, terkadang para idol Korea dijadikan alat untuk menutupi kasus politik di negara tersebut. 

Korea Selatan membuat dunia semakin tertarik untuk mencari tahu tentang berbagai hal terkait dengan negara mereka seperti budaya, kecantikan, tempat pariwisata dan lain sebagainya oleh karena itu diplomasi publik yang dilakukan Korea Selatan dianggap berhasil karena negara yang terkenal dengan 4 musimnya itu berhasil membawa pengaruh yang besar bagi dunia sampai yang memungkingan terjadinya h8ubungan kerja dengan negara tersebut.

www.kenyabuzz.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline