Lihat ke Halaman Asli

Dampak Buruk Junk Food bagi Kesehatan Tubuh

Diperbarui: 13 Maret 2024   10:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.johnsonfitness.com/blog/woman-eating-junk-food/

Junk Food adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan makanan yang tinggi kalori, lemak, gula, dan garam. Junk Food juga biasa dikenal dengan makanan cepat saji. Contoh junk food yang mengandung lemak dan garam tinggi adalah hamburger, pizza, ayam goreng, kentang goreng, dll. Sedangkan contoh junk food yang mengandung gula tinggi adalah minuman bersoda, donat, permen, kue, dll.  Sudah banyak sekali restoran yang menjual junk food ini.

Tidak heran jika banyak orang yang suka mengonsumsi junk food, selain karena mudah didapat, junk food juga harganya murah dan dikemas dengan menarik. Nah, berikut adalah dampak buruk junk food bagi kesehatan tubuh :

1. Mempercepat Kepikunan

Konsumsi junk food secara berlebihan dan terus menerus, akan mempercepat kepikunan. Gula dan lemak pada junk food, sangat tidak baik untuk otak. Ini bisa memperlemah memori dan kemampuan otak untuk berpikir dengan baik.

2. Mempercepat Penuaan Dini

Kandungan dalam makanan jenis ini, bisa memicu peradangan atau inflamasi penyebab penuaan dini. Kulit akan lebih mudah keriput tampak lebih tua dari usia yang seharusnya.

3. Menyebabkan Depresi

Peneliti dari Manchester Metropolitan's Bioscience Research Center menemukan bahwa makanan yang mengandung zat yang dapat meningkatkan peradangan membuat kita lebih mungkin mengembangkan depresi sebesar 40 persen.

4. Menyebabkan Obesitas

Konsumsi junk food berlebihan dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan obesitas.

5. Menyebabkan Penyakit Jantung

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline