Mau tidak mau, suka tidak suka, siap tidak siap kita harus mengikuti arus perkembangan teknologi yang semakin canggih. Jika tidak, modernitas tidak segan-segan meninggalkan kita yang masih menganut tradisionalisme.
Digitalisasi kini sudah mempengaruhi secara masif cara manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Mulai dari makanan, transportasi, kesehatan, ritel, pendidikan, hiburan, keuangan, serta berbagai produk fisik-non fisik, barang dan jasa lainnya.
Perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi berhubungan erat dengan generasi milenial. Mereka memiliki semangat tinggi, jiwa kreatif, dinamis, inovatif, dan suka akan perubahan. Generasi ini akan menjadi pembaharu di berbagai bidang berkat kemajuan teknologi informasi. Individu atau kelompok yang tidak memanfaatkan era digital ini akan semakin jauh tertinggal di belakang.
Perbankan khususnya Bank BTN yang tahun ini berusia 69 tahun menyadari hal tersebut. Digitalisasi mengharuskan Bank BTN melakukan pembaharuan layanan.
Apa saja? Kita mulai dari fokus utama Bank BTN yakni Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).
Kepemilikan akan hunian menjadi hal penting saat kini. Apalagi harga properti setiap tahun mengalami kenaikan. Bagi milenials rumah selain sebagai tempat tinggal juga dapat dijadikan investasi.
Hanya bermodal jempol dan ponsel pintar generasi milenial saat ini dapat mengakses berbagai informasi terkait KPR di portal website BTN Properti. Di situs tersebut milenials dapat menghitung jumlah tagihan KPR di simulasi KPR secara cepat, aman dan jelas. Mencari hunian sesuai kebutuhan, hingga proses pengajuan kredit secara online. Situs ini memudahkan akses dan proses milenials untuk memiliki rumah.
Namun, tidak sekedar kemudahan digital, milenials memiliki banyak pertimbangan sebelum memutuskan membeli rumah secara KPR. Bank BTN yang selama 69 tahun melayani negeri sadar hal ini. Oleh sebab itu, BTN membuat program KPR BTN Milenial. Keuntungannya selain uang muka dan suku bunga yang "receh", jangka waktu yang panjang hingga 30 tahun menjadi keunggulan program ini. Jadi, portal BTN Properti menjadi solusi mudah memiliki rumah.
Di akun Instagram Bank BTN @bankbtn, sebuah dimensi baru pelayanan kantor cabang berbasis digital mulai dikembangkan yaitu "BTN Smart Branch". Diharapkan dengan adanya digitalisasi ini membuat pelayanan Bank BTN semakin laju dan efisien.
BTN Smart Branch dengan Smart KIOSKnya milenials dapat membuka akun baru hanya dalam waktu 3 menit dan scan KTP. Ada pula Smart Table di mana generasi milenial yang serba cepat dapat mengakses dan mencari informasi lengkap dan akurat mengenai produk Bank BTN.
Tahun ini Bank BTN siap mengucurkan dana sebesar 500 miliar untuk program digitalisasi layanan perbankan. Peruntukan investasinya meliputi pengembangan platform digital pembayaran berbasis QR Code, pengembangan Digital Banking dan EDC, Branchless Banking, serta pengembangan platform digital melalui anak usaha.