Lihat ke Halaman Asli

Tips untuk Mata Sehat

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Perawatan untuk mata mutlak dilakukan karena organ yang satu ini bekerja sangat berat sepanjang hari. Dengan alasan ini lah kita harus memberikan perhatian yang lebih untuk mata.

Mata kita harus mempunyai waktu untuk istirahat, disaat anda membaca buku, berkerja dengan komputer, menulis. sesekali pejamkan mata dan kompress dengan kapas lembab.

Mata bengkak dan lingkaran gelap adalah pertanda kurang tidur, ini terjadi karena mata kekurangan cairan dan istirahat yang cukup.

Stress, alkohol, obat-obatan adalah merupakan penyebab lainnya. Selain cukup tidur, jangan pernah membaca ditempat yang kurang terang, Jangan membaca dengan berbaring, dan sebaiknya kurangi nonton televisi agar mata tidak bertambah lelah.

Lakukan senam mata 1x seminggu, Duduk tegak dan melihat kedepan. letakkan telunjuk di depan hidung dengan jarak kira2 satu jengkal. pandang ujung telunjuk anda, perlahan dekatkan jari hingga di depan hidung, Usahakan mata tetap tertuju pada ujung telunjuk.

Setelah dekat dengan mata lakukan sebaliknya jauhkan jari telunjuk anda hingga kira-kira satu jengkal di depan hidung. ulangi beberapa kali hingga mata jadi rileks




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline