Lihat ke Halaman Asli

Memperoleh Tubuh Ideal dengan Intermittent Fasting

Diperbarui: 4 Agustus 2023   20:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Foto: Pexels

Memiliki tubuh ideal tentu diidam-idamkan oleh setiap orang, untuk itu banyak orang yang mencoba banyak hal hanya demi memiliki tubuh ideal. Olahraga dan diet menjadi faktor penting dalam membentuk tubuh yang ideal, tapi karena ketidak konsistenan tidak semua orang berhasil melakukannya. Untuk itu intermittent fasting menjadi salah satu pilihan lain dalam menunjang keberhasilan untuk memiliki tubuh ideal.

Dilansir dari healthline.com intermittent fasting atau puasa berkala adalah pola makan dimana orang membatasi konsumsi makanannya pada jam-jam tertentu dalam sehari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu mungkin bermanfaat di luar penurunan badan, seperti peningkatan kesehatan otak dan jantung.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa intermittent fasting dapat memiliki efek yang kuat pada tubuh dan otak dan membantu hidup lebih lama. Metode intermittent fasting umumnya melibatkan puasa 16 jam setiap hari atau puasa selama 24 jam serta dua kali seminggu. 

Puasa 16 jam sehari dengan waktu makan sekitar 8 jam, metode ini disebut juga 16:8. Biasanya orang-orang menuntaskan makan malam pada pukul 20.00 dan tidak sarapan besok dan makan kembali saat siang hari. 

Puasa 24 jam disini berarti berpuasa penuh selama satu atau dua hari selama seminggu atau dikenal dengan sebutan Eat-to-Eat, diet ini dianjurkan untuk tidak makan selama 24 jam tetapi dapat minum air, teh dan minuman bebas kalori lainnya. Puasa dua kali seminggu atau dikenal dengan sebutan 5:2, metode ini adalah menerapkan kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat dalam porsi standar selama 5 hari, lalu menurunkan asupan kalori untuk dua harinya.

Ilustrasi Foto: Pexels

Intermittent fasting bukanlah diet dalam pengertian konvensional tetapi lebih tepatnya disebut dengan pola makan. Intermittent fasting bukan menentukan makanan mana dan kapan harus memakannya, dalam artian ada waktunya boleh memakan apapun, tetapi ada pula waktu tidak boleh makan.

Banyak orang yang sudah membuktikan manfaat dari intermittent fasting ini. Maka dari itu, intermittent fasting ini dapat menjadi pilihan bagi anda yang ingin mencoba hal baru dalam memperbaiki pola makan untuk memperoleh tubuh ideal seperti yang diidam-idamkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline