Lihat ke Halaman Asli

Berbisnis Dapat Dilakukan Saat Masih Pelajar

Diperbarui: 23 Februari 2023   10:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Pada era modern ini, berbisnis bukanlah suatu hal yang sulit. Dengan kemajuan teknologi dan kreativitas anak muda, dapat tercipta sebuah produk yang beragam dan unik. Tak jarang kita jumpai seorang pelajar memiliki sebuah bisnis baik secara online maupun offline. Apasih bisnis itu? Bisakah anak muda memulai bisnisnya sendiri?

Tidak perlu modal besar, dengan modal yang sedikit seorang pelajar bisa mulai berbisnis. Dan sebuah ide dapat muncul kapan saja dan di mana saja. Produk unik dan menarik tercipta jika seseorang memiliki niat dan keberanian untuk mulai berbisnis.

Bisnis adalah suatu kegiatan menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Menurut Prof. L. R. Dicksee, bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut. 

Di era ini banyak anak muda yang memulai sebuah bisnis hanya dengan bermodalkan uang saku. Bisnis anak muda merupakan suatu usaha menciptakan barang atau jasa yang dilakukan anak muda untuk menghasilkan keuntungan.

Sebagai seorang pelajar, memulai bisnis sangat mudah, dapat kita mulai dengan berjualan baju preloved dan thrift shop, atau juga dengan berjualan makanan. Bisnis dapat dimulai dengan mencari sebuah pengalaman, bertanya kepada sesorang yang memiliki sebuah bisnis, seperti orang tua atau saudara bahkan orang disekitar. 

Survei lapangan dan target jual juga sangat diperlukan. Setiap bisnis memiliki target jual masing-masing, mulai dari gender, usia, dan profesi. Setelah melakukan survey, kita dapat menentukan siapa target produk atau jasa yang kita jual. 

Dalam menjual produk atau jasa harus memperhatikan fungsi dan kegunaan dalam hal yang positif. Kita tidak boleh sembarangan menjual produk atau jasa yang melanggar hukum negara. Menjadi seorang pembisnis yang baik adalah dengan menghasilkan produk atau jasa yang inovatif, memanfaatkan kesempatan dengan baik, berani memulai, mengubah tantangan menjadi peluang, dan bertekad kuat. Untuk menghindari sebuah kegagalan sebagai pebisnis perlu memiliki visi dan misi yang jelas. 

Izin orang tua juga sangat diperlukan bagi seorang pelajar untuk memulai sebuah bisnis. Banyak pelajar yang ingin membuka bisnis tapi tidak terealisasi karena tidak mendapat izin dari orang tua. Kita sebagai anak perlu meyakinkan orang tua bahwa akan bersungguh-sungguh dalam berbisnis. Meskipun kita memulai dengan bisnis kecil-kecilan.

Sangat banyak manfaat memulai bisnis saat masih muda. Seorang pelajar bisa mendapatkan tambahan uang, bisa digunakan untuk saku atau membantu meringankan beban orang tua. Jika bisnis yang dimiliki berhasil, dan dikembangkan lagi menjadi bisnis yang lebih besar dapat menjamin masa depan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline