Lihat ke Halaman Asli

Shendy Krisdayanti

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa UNNES dalam Produksi MOCAF bersama Kelompok PKK di Kelurahan Ngijo Gunungpati Semarang

Diperbarui: 15 November 2023   18:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokumen Pribadi, 2023)

Pada Sabtu (08/07), Kegiatan Pengabdian Masyarakat telah berhasil dilakukan oleh Tim Pengabdian UNNES yaitu Catur Rini Widyastuti, Astrilia Damayanti, Dewi Artanti Putri, Shendy Krisdayanti, dan Isnina Noor Ubay. Kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan pembuatan Mocaf (Modified Cassava Flour) kepada Kelompok PKK di Kelurahan Ngijo, Gunungpati, Semarang.

Mocaf (Modified Cassava Flour) adalah tepung dari ketela pohon yang telah difermentasi menggunakan bakteri asam laktat. Metode fermentasi dipilih karena sederhana, mampu mengurangi kadar HCN dalam ketela, serta mampu meningkatkan nutrisi dalam tepung.

Ketua Tim Pengabdian, Catur Rini Widyastuti mengatakan bahwa metode Fermentasi ini mampu mengurangi kadar HCN dalam ketela dan memperbaiki karakteristik tepung singkong.

(Dokumen Pribadi, 2023)

Tim Pengabdian juga melakukan pelatihan pembuatan mie dari tepung mocaf. Penambahan mocaf memberikan tekstur yang lebih lembut pada produk mie yang dihasilkan. Keseluruhan pelatihan ini dihadiri oleh 31 warga dan mendapatkan respon positif dari Kelompok PKK Kelurahan Ngijo, Gunungpati, Semarang.

Kami berharap melalui pelatihan ini, keterampilan masyarakat dalam pengolahan sumber daya lokal meningkat. Diharapkan, pelatihan ini juga dapat membuka peluang usaha bagi Kelompok PKK Kelurahan Ngijo, Gunungpati, Semarang. Masyarakat juga dapat terdorong untuk membentuk UMKM pengolahan ketela pohon menjadi tepung mocaf dan diversifikasi produk olahannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline