Lihat ke Halaman Asli

Smarthphone and Dumb People

Diperbarui: 17 Juni 2015   11:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Melihat perkembangan teknologi sekarang, sudah tidak asing lagi dengan smarthphone. Namun, melihat era sekarang yang seba digital, mari kita sama-sama renungkan untuk memperbaiki diri dan mampu memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Berikut ini ada beberapa fakta yang dapat dipaparkan melalui SMARTHPHONE.


1. Membuat seseorang menjadi ANSOS

Dunia maya memang sangatlah menarik. Bahkan seseorang dapat menghabiskan waktu berjam-jam hanya      berinteraksi dengan dunia maya. Kita sudah semakin jarang silaturahim sekedar bertemu fisik, bahkan            ketika kumpul bersama, setiap orang sudah sibuk dengan smarthphone-nya masing-masing. Ketika di              kendaraan umum, seseorang akan lebih memilih bermain dengan gadget dibanding mengobrol dengan            teman di sampingnya. Interaksi langsung sangatlah penting, sekaligus berbagi informasi dan melatih                berbicara yang sopan dengan orang lain. Faktanya ini sudah jarang ditemukan.

2. Kita tidak melihat lagi anak-anak kecil yang bermain ayunan atau di luar

Zaman saya kecil, saya sangat merasakan bahagiannya bermain di luar bersama teman. Bahkan bermain          permainan tradisional. Kini, setiap rumah sudah tertutup dan penghuninya lebih memilih tidak                            melakukan interaksi. Sadarkah, sekarang anak di bawah umur lima tahun sudah sangat pandai                             menggunakan smarthphone. Bahkan, mungkin tidak lagi mengenal permainan gobak sodor atau                           sejenisnya. Games yang diciptakan oleh manusia, telah membuat penggunanya semakin bodoh. Rela                 menghabiskan waktu untuk bermain lalu bermalas-malasan hingga jarang bersosialisasi secara langsung.       Dunia maya benar-benar sudah membuat tipu daya manusia bagi yang tidak mampu mengendalikannya.

Hal paling buruk apabila terus berlangsung yaitu satu keluarga kini jarang bermain dengan anak-anak mereka, karena dari kecil saja anak mereka sudah diberikan gadget. Dampak teknologi memang membawa perubahan signifikan, tetapi salah penggunaan juga dapat berakibat fatat.

RENUNGKANLAH semua ini, mulailah memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Mulailah menggunakan smartphone sesuai keperluan, agar kita tidak menjadi manusia yang dibodohi teknologi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline