Lihat ke Halaman Asli

Shely Salima

Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 21107030048

Pameran Jayapatra dan Koleksi Kereta Keraton, Seperti Apa Ya?

Diperbarui: 15 Juni 2022   01:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kraton Yogyakarta (Dokpri)

Keraton Yogyakarta sudah menjadi satu kesatuan dengan keistimewaan yang dimiliki kota Yogyakarta. Kota Yogyakarta sebagai peninggalan sejarah yang panjang. Keraton Yogyakarta memiliki dedikasi dan dampak bagi Indonesia hingga saat ini.

Untuk mengenang itu, Keraton Yogyakarta menggelar pameran bertajuk "Jayapatra : Dedikasi Yogyakarta bagi Bangsa" yang bertempat di lokasi Bangsal Pagelaran atau area paling depan Keraton dekat alun-alun Utara.

Pameran ini diselenggarakan dalam rangka memperingati 33 tahun kenaikan Tahta Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Pameran Jayapura pertama kali dibuka pada 7 Mei secara cara virtual Tour. Sedangkan untuk kunjungan secara langsung,telah diadakan pada tanggal 8 maret 2022 dan masih bisa dikunjungi hingga kini.

Pembelian tiket dapat dilakukan secara online maupun offline. Harga tiket adalah Rp15000. Untuk tarif motor dikenakan Rp3.000

Saya mengunjungi pameran jaya patra pada Selasa(14/6) sebelum memasuki ruangan pameran Anda akan disuguhkan koleksi kereta Keraton pada zaman dahulu yang sangat beragam.

Kereta- kereta ini merupakan koleksi dari museum kereta Keraton Yogyakarta. Sebanyak 15 macam kereta di pamerkan pada pameran ini juga. Berikut beberapa kereta yang dipamerkan:

Kereta Kyai Modro Juwolo (Dokpri)

1. Kereta Kyai Modro Juwolo
Merupakan kereta berbentuk "kupe" dengan ikatan-ikatan rim memiliki nama yang berarti "Sinar menyala luas (Sinar Cemerlang)." Kereta ini dibuat sekitar pada tahun 1810-1830. Kereta ini dahulu digunakan sebagai kendaraan dinas Pangeran Diponegoro sewaktu menjadi wali Sultan Hamengkubuwono V.

Kereta Kyai Jetayu (Dokpri)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline