Lihat ke Halaman Asli

Lidiya Shelvy

mahasiswa

Mahasiswa Universitas Mercu Buana Sukses Mengadakan Sosialisasi Museum Sebagai Wisata Edukatif

Diperbarui: 17 Mei 2023   14:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Jakarta,  Mahasiswa jurusan Public Relations dari Universitas Mercu Buana melaksanakan program Kuliah Peduli Negeri (KPN) yang merupakan aplikasi dari kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi yang salah satunya pengabdian masyarakat bahwa setiap fasilitas yang disediakan negara melakukan tri darma tersebut. Tujuan dari program adalah agar mahasiswa/i Universitas Mercu Buana lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Di samping, mampu memberikan ilmu kepada sesama. Salah satu bentuknya adalah melalui kegaitan sosial. 

Kuliah Peduli Negeri ini berjudul "Meningkatkan Eksistensi Museum Sebagai Wisata Edukatif dikalangan Remaja (SMA)". Tema ini dipilih karena melihat bagaimana eksistensi museum yang semakin menurun seiring perkembangan jaman dikarenakan kurangnya minat kawula muda untuk berkunjung ke museum. Dalam kegiatan KPN ini mahasiswa di bimbing oleh Dosen mata kuliah Kuliah Peduli Negeri yaitu Ibu Yuliawati, S.sos, M.Ikom.

Pelaksanaan kegiatan KPN ini dilaksanakan di SMA Al-Huda yang beralamat lengkap di Jalan Utama Raya No.2, Cengkareng Barat, Cengkareng, RT.6/RW.3, Cengkareng Bar., Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat. Pelaksanaan kegiatan KPN dilakukan pada tanggal 13 Mei 2023 dengan serangkaian acara yang dimulai pembukaan, sambutan, penyampaian materi, QnA, penutupan hingga dokumentasi.

Dok. pribadi

Dalam kegiatan KPN yang dilakukan oleh kelompok 2 yang terdiri dari 5 orang Mahasiswi yaitu Farischa Amelia Susilo, Lidiya Shelvy, Mega Mariana Setiawan, Miftakhul Jannah, dan Sarah Muhtar. Kegiatan KPN yang berjudul  "Meningkatkan Eksistensi Museum Sebagai Wisata Edukatif dikalangan Remaja (SMA)" kelompok 2 memberikan sosialiasi kepada murid SMA Al-Huda mengenai pentingnya menjaga keberadaan museum sebagai wisata edukatif dan perlunya anak-anak muda sebagai penerus generasi bangsa mulai menjadi pemicu untuk mulai mencintai museum.

Dok. pribadi

Selama acara berlangsung kelompok 2 memberikan snack untuk para Siswa/i sebagai bentuk terima kasih. Siswa/i SMA Al-Huda antusias mengikuti acara sosialisasi terbukti ketika sesi tanya jawab berlangsung mereka saling berebut. Untuk apresiasi  atas semangatnya audiens, kelompok 2 memberikan cinderamata kepada yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar. 

Dok. pribadi

Kelompok 2 sangat berterima kasih atas semua pihak yang terlibat dalam acara KPN ini, terkhusus untuk Ibu Yuliawati, S.sos, M.Ikom yang telah membimbing kelompok 2, Bapak Wiyono, M.Pd selaku Kepala Sekolah yang telah berkenan menijinkan kegiatan KPN ini, Bapak Haryono selaku guru SMA Al-Huda yang telah  banyak membantu kelompok 2 selama acara berlangsung, dan juga kepada semua Siswa/i SMA Al-Huda yang sangat antusias dan koperatif dari awal acara hingga akhir acara.

Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline