Lihat ke Halaman Asli

Shelma F.

Indonesia

Menyelami Pendidikan Berkualitas: KKN UPI di SDN 1 Ciburial

Diperbarui: 1 September 2022   14:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Sejak diselenggarakannya sosialisasi untuk pembukaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Pendidikan Indonesia Tahun 2022 pada tanggal 5 Juli silam melalui aplikasi Zoom, mahasiswa yang tergabung ke dalam beberapa kelompok sudah mulai mengambil langkah dalam menjalankan program masing-masing yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Salah satunya adalah Kelompok 120 dengan program Pendidikan Desa Berkualitas yang dilaksanakan di Desa Ciburial, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dalam upaya mengurangi angka putus sekolah, Kelompok 120 bekerja sama dengan Desa Ciburial melalui penyuluhan terhadap warga desa, serta instansi pendidikan lewat aktivitas mengajar dan pemberian materi yang telah dirancang sesuai kebutuhan. SDN 1 Ciburial termasuk ke dalam beberapa SD, SMP, dan SMA yang menjadi lokasi pelaksanaan program KKN tersebut.

Dimulai pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022, sebagian anggota Kelompok 120 dalam grup yang lebih kecil pergi untuk mengajarkan Etika dan Semangat Belajar. Mahasiswa-mahasiswa membimbing murid kelas enam SD sejak sekitar pukul delapan pagi. Program di SDN 1 Ciburial ini berlangsung untuk kedua kalinya pada hari Jumat tanggal 29 Juli 2022 dengan topik lain, yaitu Komputer dan Literasi.

Pendekatan yang dilakukan terhadap para siswa Sekolah Dasar fokus kepada praktik suasana belajar yang nyaman dan tepat. Selain itu, juga melibatkan komunikasi antara mahasiswa dengan murid, pemahaman dari diskusi, dan keaktifan di kelas.

Setelah penutupan di hari kedua yang merupakan hari terakhir pun mahasiswa tetap membuka Mini Class di mana para murid dipersilakan untuk mendatangi Kelompok 120 yang menetap sementara di desa apabila membutuhkan bantuan dalam pelajaran di sekolah. Program KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa UPI dengan bantuan Desa Ciburial ini diharapkan dapat berkontribusi sebagai usaha untuk meraih pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan di SDN 1 Ciburial dan Desa Ciburial.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline