Lihat ke Halaman Asli

Shelly lau

shelly lau

Mengapa Performance Planning Itu Penting dalam Perusahaan?

Diperbarui: 21 Juni 2021   19:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PERENCANAAN MANAJEMEN

Perencanaan merupakan hal yang sangat penting dari yang namanya manajemen kinerja. Karena performance planning atau perencanaan kinerja merupakan suatu proses dimana karyawan dan manajer itu bekerja sama untuk menentukan apa yang seharusnya dilakukan oleh karyawan sehubungan dengan adanya proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.

Perencanaan sendiri bukanlah menganalisis kinerja yang telah lalu dan tak dapat diubah lagi tetapi perencanaan ialah melihat kedepan untuk memaksimalkan kinerja di masa yang akan mendatang.

Peningkatan produktivitas yang sesunguhnya dapat diwujudkan dengan mengarahkan para karyawan ke target yang sesungguhnya dan kemudian tidak menghalang-halanginya.

Bagian-bagian penting dari performance planning adalah:

  • mengidentifikasi bantuan yang akan disediakan oleh manajer
  • mengidentifikasi masalah-masalah yang menghambat pencapaian serta bagaimana cara untuk mengatasinya.
  • mengembangkan pemahaman bersama tentang arti dari tugas-tugas kerja yang diberikan dan tingkat kewenangan.

Kegunaan dari perencanaan kinerja adalah untuk menciptakan pemahaman bersama antara manajer dan karyawan. Perencanaan kinerja itu meliputi sebuah pertemuan dan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh manajer dan karyawan secara terpisah.

Secara umum pengertian perencanaan ialah pengelolaan, pembuatan keputusan,  suatu prosedur yang formal untuk memperoleh hasil yang realistis, dalam berbagai bentuk keputusan menurut sistem yang sudah terintegrasi.

Sedangkan pengertian kinerja ialah suatu hasil kerja yang bisa dicapai oleh seseorang, atau organisasi sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing untuk mencapai tujuan organisasi.

Jadi, pengertian dari performance planning atau perencanaan kinerja adalah proses penyusunan rencana kerja sebagai penjelasan dari target dan program yang telah ditetapkan dalam rencana organisasi melalui berbagai kegiatan perusahaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline