Lihat ke Halaman Asli

Shella Ayuning Lestari

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Pembelajaran Kreatif dan Inovatif untuk Meningkatkatkan Minat Literasi Siswa SD di Era Pandemi

Diperbarui: 12 September 2021   19:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menempati ranking 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah, yakni ranking 62 dari 70 negara. 

Hal tersebut menjadi latar belakang Universitas Pendidikan Indonesia mengangkat tema "Mengembangkan Literasi dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka - Pusat Prestasi Nasional" sebagai tema dari KKN Tematik Daring Gelombang 2, yang diselenggarakan dari tanggal 25 agustus-26 September 2021. 

Tujuan dari KKN dengan tema literasi ini adalah agar minat literasi para siswa dan masyarakat dapat meningkat, dengan sasaran utamanya adalah siswa dan masyarakat di sekitar mahasiswa.

Budaya literasi sangat erat kaitannya dengan dunia pendidikan. Menurut Lerner (1988:349), kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi. 

Jika anak pada usia sekolah permulaan tidak segera memiliki kemampuan membaca, maka ia akan mengalami banyak kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang studi pada kelas-kelas berikutnya. 

Dunia pendidikan Indonesia sendiri mengalami masa sulit pada era pandemi Covid-19, para siswa melaksanakan pembelajaran secara daring/online. Hal tersebut tentu saja menimbulkan banyak kendala baru, karena siswa harus beradaptasi dengan pembelajaran yang serba online

Beberapa contoh kendalanya adalah siswa dituntut untuk selalu menggunakan teknologi gadget sebagai media pembelajaran, sinyal yang kadang tidak mendukung, dan pembelajaran tidak menarik. Hal tersebut dapat menurunkan semangat belajar dan minat literasi siswa.

Pembelajaran jarak jauh/daring di Sekolah Dasar harus memiliki kiat-kiat tertentu agar dapat meningkatkan minat literasi dan siswa tidak merasa bosan. 

Salah satunya adalah dengan menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif bagi siswa agar siswa tidak merasa bosan. Beberapa cara yang dapat dilakukan agar pembelajaran lebih kreatif dan meningkatkan minat literasi siswa adalah:

1. Membiasakan kegiatan literasi 20 menit sebelum pembelajaran dimulai

2. Membuat media pembelajaran untuk kegiatan literasi berupa bahan bacaan yang menarik bagi siswa

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline