Lihat ke Halaman Asli

KKN Tematik UPI 2021: Kreativitas Membuat Media Pembelajaran yang Menarik di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 21 Juli 2021   21:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Youtube Shella garsika

Pandemi telah berlangsung hampir 2 tahun lamanya di negara Indonesia yang mengakibatkan banyaknya penduduk negara merasa jenuh dengan keadaan. Di situasi pandemi seperti ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi kreativitas setiap individu dalam menggunakan teknologi untuk mengembangkan dunia pendidikan. 

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam, menyampaikan pada acara Medan International Conference on Energy and Sustainibility, Selasa (27/10). "Saat ini pandemi menjadi tantangan dalam mengembagkan kreativitas terhadap penggunaan teknologi, bukan hanya transmisi pengetahuan, tapi juga memastikan bagaimana pembelajaran tetap tersampaikan dengan baik." Tutur Nizam.

Pada masa pandemi sekarang ini dapat melatih dan menanamkan bagaimana agar menjadi seorang pelajar yang mandiri melalui berbagai kelas daring dan webinar. Dalam situasi seperti merupakan tantangan bagi para peserta didik, namun juga para pengajar (guru/dosen) dalam menyampaikan materi pembelajaran dimana para pengajar harus memastikan bahwa siswa memahami materi pembelajaran yang disampaikan.

"Pembelajaran daring menjadi tantangan bagi dunia pendidikan dengan situasi Indonesia yang memiliki ribuan pulau. Bagaimana teknologi dapat digunakan, bagaimana penyediaan akses internet pada daerah-daerah terpencil dimana barang elektronik tanpa akses internet pun masih menjadi suatu kemewahan. Ini merupakan tantangan bagi semua pihak, saat ini kita harus bekerja keras bersama bagaimana membawa teknologi menjawab permasalahan nyata yang terjadi pada mahasiswa dan pelajar yang kurang beruntung dalam hal ekonomi maupun teknologi yang berada di daerah-daerah terpencil," lanjut Nizam.

 Untuk menangani permasalahan ini agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, guru dapat menyampaikan materi dan siswa dapat memahami apa yang disampaikan oleh guru. Salah satu caranya adalah dengan membuat media pembelajaran yang menarik dan kreativitas tinggi. Dengan menggunakan berbagai media pembelajaran, pembelajaran akan lebih mudah dipahami dan mempermudah guru dalam memperkaya pengetahuan siswa. Beberapa media pembelajaran yang dapat menjadi solusinya :

  • Power Point
  • Video animasi
  • Membuat video mengajar

Dengan kreativitas seorang pengajar dalam membuat media pembelajaran, dapat membuat siswa lebih memahami materi apa yang sedang berlangsung dalam proses pembelajaran. Memang ini merupakan sebuah kendala bagi para pengajar dalam membuat media pembelajaran, namun dengan beberapa cara tersebut dapat membantu siswa dalam memahami pembelajaran yang dilaksanakan saat pembelajaran online (daring).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline