Lihat ke Halaman Asli

Fresh Graduate, Lulus Langsung Kerja atau Lulus Langsung Nganggur?

Diperbarui: 18 Juni 2024   21:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Hingga saat ini permasalahan tentang fresh graduate yang sulit mendapatkan pekerjaan masih terus diperbincangkan. Pada dasarnya, bekerja adalah kegiatan yang sengaja dilakukan manusia untuk menghasilkan barang atau jasa guna menghidupi diri sendiri, keluarga, atau memenuhi kebutuhan dan keinginan orang lain. Maka dari itu, pekerjaan merupakan hal yang penting bagi setiap orang terutama fresh graduate.

Mencari pekerjaan saat ini sangat sulit, terutama bagi fresh graduate. Meskipun telah mengirim banyak CV untuk melamar pekerjaan di berbagai perusahaan serta berbagai bidang, tidak satu pun dari mereka yang menghubungi untuk sekedar melakukan tahap interview.

Faktor apa yang membuat fresh graduate sulit dalam mendapatkan pekerjaan ? 

  • Pengalaman Kerja

Banyak sekali perusahaan yang meminta pengalaman kerja minimal 2 tahun, sedangkan fresh graduate pada umumnya belum memiliki pengalaman kerja karena fresh graduate lebih memfokuskan diri untuk mendapatkan indeks prestasi yang memuaskan. Hal ini tentu saja menjadi tantangan terberat bagi fresh graduate dan mengakibatkan fresh graduate bekerja lebih keras lagi agar dapat dilihat oleh perusahaan.

  • Persaingan Ketat

Saat melamar pekerjaan, tentunya kita bersaing dengan ribuan orang mulai dari fresh graduate hingga yang telah memiliki pengalaman kerja selama bertahun-tahun, serta berasal dari universitas dengan akreditasi yang sangat baik. Hal ini juga yang menyebabkan fresh graduate sulit dalam mendapatkan pekerjaan.

  • Tidak Mengetahui Skill yang Dimiliki

Banyak sekali fresh graduate yang tidak mengetahui skill yang ada pada dirinya, sehingga akan kalah dengan pesaing yang sangat memahami  skill yang ada pada dirinya meskipun belum mendapatkan gelar sarjana.

  • Mental yang Belum Siap

Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah bagi fresh graduate apabila memiliki mental yang lemah dan belum siap berperang di dunia kerja. Karena pada dasarnya lingkungan kerja merupakan lingkungan yang serba kompetitif dan penuh dengan tekanan, tak heran apabila dalam lingkungan kerja akan selalu ada rival sesama karyawan serta tidak ada yang benar-benar peduli dengan apa yang Anda rasakan. Jadi, sebisa mungkin jangan terlalu percaya dengan rekan kerja Anda sendiri meskipun telah memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Anda.

  • Ekspektasi yang Terlalu Tinggi

Saat lulus dari perguruan tinggi bergengsi, tak jarang seseorang memiliki ekspektasi tinggi untuk mudah mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Karena menurut dia, dapat membuat fresh graduate terlalu percaya diri.

Bagaimana caranya agar fresh graduate mendapatkan pekerjaan dengan mudah ?

Hal yang perlu dilakukan bagi fresh graduate yaitu melamar di posisi yang sesuai dengan background keilmuan yang telah diambil, serta harus cepat dalam memahami sistem pekerjaannya. Karena, staff lain akan sangat kerepotan apabila harus mengajari dari 0 sementara staff tersebut memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan sendiri.

Fresh graduate perlu memiliki pemikiran yang kritis dan percaya diri untuk menyelesaikan real case yang sedang dihadapi, serta dapat menjual kemampuannya kepada perusahaan dengan cara menjelaskan apa saja yang bisa diberikan kepada perusahaan. Hal ini akan membuat perusahaan yakin memperkerja kan Anda dengan kemampuan yang Anda miliki.

Yang perlu dilakukan fresh graduate selanjutnya yaitu membuat tampilan CV yang menarik, salah satu modal utama dalam mencari pekerjaan yaitu membuat CV yang sangat menarik dan informatif. Sebagai seorang fresh graduate, Anda harus membangun networking serta relasi yang sangat kuat untuk mendapatkan banyak informasi tentang lowongan pekerjaan. Memiliki relasi dengan alumni yang sudah bekerja di perusahaan tertentu selama bertahun-tahun dapat meningkatkan peluang untuk mencari tahu mengenai perusahaan tersebut dengan lebih mendalam.

Platform pencarian kerja seperti LinkedIn juga memberikan peluang untuk mendapatkan relasi baru dengan sesama fresh graduate maupun HRD perusahaan, fresh graduate dapat membangun relasi dengan HRD dari berbagai perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak kesempatan yang ditawarkan dalam platform tersebut.

Fresh graduate dapat mencoba untuk melamar sebagai freelancer, hal ini bisa menjadi langkah awal bagi fresh graduate dalam memperbanyak pengalaman melalui project freelance. Dalam hal ini dapat dikatakan juga fresh graduate sedang mempersiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di masa depan.

Manfaatkan media sosial dengan bijaksana, pasalnya menjaga perilaku di media sosial itu sangatlah penting. Selain untuk mencari informasi tentang lowongan pekerjaan, platform media sosial menjadi pertimbangan bagi HRD di perusahaan tertentu dalam mencari calon karyawan baru.

Kesimpulan

Bekerja merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang, karena bekerja menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi keinginan serta kebutuhan bagi diri sendiri, keluarga, serta orang lain. Maka dari itu mencari pekerjaan merupakan hal yang sulit, terutama bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja serta mental yang siap untuk berperang di dunia kerja. Pada dasarnya dunia kerja merupakan dunia yang serba kompetitif, tak heran apabila selalu ada rival sesama karyawan serta tidak ada yang benar-benar peduli dengan apa yang Anda rasakan, maka dari itu jangan terlalu percaya kepada rekan kerja meskipun telah memiliki hubungan yang sangat dekat.

Hal yang dapat dilakukan oleh fresh graduate agar mendapatkan pekerjaan dengan mudah yaitu melamar di posisi yang sesuai dengan background ilmu yang telah diambil. Fresh graduate perlu memiliki pemikiran yang kritis dalam menyelesaikan real case yang sedang dihadapi, serta cepat tanggap dalam memahami sistem pekerjaannya, agar tidak merepotkan staff lain karena staff lain juga memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan.

Perluas relasi merupakan hal yang penting untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan, menggunakan media sosial dengan bijak karena tak sedikit HRD di perusahaan tertentu menjadikan media sosial sebagai bahan pertimbangan untuk mencari calon karyawan baru. 





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline