Lihat ke Halaman Asli

Harapan untuk Para Pemuda Indonesia dalam Menyongsong di Era Society 5.0

Diperbarui: 25 Agustus 2022   08:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di era saat ini, perkembangan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan sangatlah cepat. Salah satunya yaitu konsep society 5.0 yang pertama kali dibahas atau digagas oleh negara Jepang dan hal tersebut memiliki tujuan untuk memudahkan kebutuhan manusia yang sangat modern dan semakin maju. 

Pada Era Society 5.0 banyak terjadi perubahan yang mana hal tersebut menjadikan para mahasiswa yang menjadi garda terdepan dalam proses perubahan dan pembangunan bangsa. Mahasiswa diharapkan memiliki inovasi yang menjadi modal penting dalam menghadapi Era Society 5.0.

Pada Era Society 5.0 semua aktivitas dan pekerjaan manusia akan terfokuskan pada Human Centered yang berbasis pada pengetahuan dan teknologi. Yamg mana hal tersebut dapat menghilangkan lapangan pekerjaan. Akan tetapi, hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan terbentuknya lapangan kerja baru.

Maka dari itu, peran pemuda dalam negeri yang telah mampu beradaptasi dalam menghadapi Era Society 5.0 yang mana bukan hanya mahasiswa namun semua orang diharapkan untuk mempergunakan teknologi dengan sebaik - baiknya sehingga mampu mengintegrasikan sosial media maupun fisik.
Dalam meningkatkan pemahaman kepada para pemuda tentang pengertian dan pentingnya inovasi digital dimasa sekarang  yang harus lebih cerdas mengelola data ruang karena di Era Society 5.0 milenial akan membantu untuk menjadi pemimpin bangsa dan dapat mengawalkan serta memanusiakan zaman.

Para pemuda Indonesia terutama para mahasiswa sebagai pilar dari kaum muda sekaligus sebagai generasi penerus harus menaruh perhatian lebih terhadap kondisi saat ini, pemuda harus berperan sebagai pemimpin dan menghasilkan kreatifitas dan inovasi dengan memperkaya literasi serta memiliki wawasan yang lebih luas dalam hal perkembangan teknologi.

Nama         : Shela Anugrah Fitriana
Fakultas    : Vokasi
Prodi          : D3 Keperawatan
Kelompok : Laksmana

Referensi : https://m-kumparan-com.cdn.ampproject.org/v/s/m.kumparan.com/amp/tutinurrohmah9/peran-pemuda-indonesia-dalam-menghadapi-era-society-5-0-1unRWS0PZVl?amp_gsa=1&_js_v=a9&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=16613843400497&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&share=https%3A%2F%2Fkumparan.com%2Ftutinurrohmah9%2Fperan-pemuda-indonesia-dalam-menghadapi-era-society-5-0-1unRWS0PZVl

https://www.scribd.com/document/529912134/Peran-Penting-Mahasiswa-dalam-Pendidikan-di-Era-Society-5




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline