Lihat ke Halaman Asli

Sheila Serena Susanto

Mahasiswa FISIP UAJY 2019

Mengupas Circuit of Culture pada Game Harvest Moon: Back to Nature

Diperbarui: 9 Maret 2021   22:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.kibrispdr.org/

Harvest Moon merupakan permainan video yang cukup hits sejak pengeluarannya awal tahun 2000. Harvest Moon mengeluarkan beberapa seri permainannya, salah satunya adalah "Back To Nature". Permainan ini menceritakan kita sebagai pemain menjadi petani dan mengurus kebun peninggalan kakek kita di desa Mineral Town. Kita merupakan penduduk baru yang berasal dari kota. Misi kita adalah mengurus kebun dengan baik dan bersahabat dengan penduduk desa Mineral Town. 

Permainan ini cukup seru karena kita dapat melakukan banyak hal dalam permainan ini selayaknya di kehidupan nyata. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan banyak ilmu dari permainan ini seperti mengetahui bibit-bibit sayuran dan buah apa yang dapat ditanam pada musim-musim tertentu. 

https://medium.com/

Pada artikel kali ini, saya akan membahas Circuit of Culture pada Harvest Moon: Back To Nature. Circuit of Culture memiliki 5 elemen yang saling berhubungan dan saling tidak terpisahkan, yaitu representasi (representation), identitas (identity), produksi (production), konsumsi (consumption), regulasi (regulation). Dikarenakan mereka saling berhubungan, maka mereka tidak hanya membentuk suatu lingkaran, melainkan juga membentuk suatu koordinasi. Setelah mengenal circuit of culture atau sirkuit kebudayaan, yuk kita lihat bersama sirkuit kebudayaan pada game Harvest Moon: Back To Nature. 

1. Representasi (representation)

Representasi merupakan penggambaran suatu deskripsi atau simbol. Melalui representasi, kita bisa membangun budaya makna bersama dan dengan demikian membangun dunia sosial yang kita tinggali bersama (Hall, 2005). Dalam Harvest Moon: Back To Nature merepresentasikan kehidupan sehari-hari sebagai sebuah petani beserta pekerjaannya. Melalui permainan ini, kita bisa mempunyai gambaran bagaimana kehidupan menjadi seorang petani yang mempunyai kebun serta hewan ternaknya. Kemudian, permainan ini juga memberikan kita gambaran bagaimana cara kita bisa bersahabat dengan penduduk desa setempat. 

2. Identitas (identity)

Berangkat melalui representasi, suatu individu akan diakui keberadaannya atau eksistensinya agar individu tersebut memiliki identitasnya. Melalui permainan Harvest Moon, kita memiliki identitas sebagai anak laki-laki yang berasal dari kota. Kemudian, kita memiliki misi di desa untuk mengurus kebun peninggalan kakek sehingga kita bekerja menjadi petani. Identitas kita bisa dipengaruhi atau dibentuk oleh orang lain. Dalam permainan ini, identitas kita juga dapat terbentuk melalui bagaimana penduduk desa berpendapat mengenai kita. Tentunya, apa yang dipikirkan oleh penduduk desa berasal dari bagaimana perlakuan kita terhadap penduduk desa tersebut.

3. Produksi (production)

Produksi merupakan apa yang dianggap sebagai proses dan praktik ekonomi murni atau fenomena budaya. Untuk menghasilkan produk yang sukses secara ekonomi, makna budaya, norma dan nilai memiliki peran yang cukup penting untuk dipertimbangkan. Harvest Moon merupakan permainan video yang berasal dari negara Jepang dan negara bagian Barat. Oleh karena itu, sebagian besar budaya yang ada dalam Harvest Moon tidak jauh dari budaya jepang dan budaya barat, seperti memiliki 4 musim (spring, summer, fall, winter) pada permainan tersebut. Kemudian festival melempar tomat dan festival thanksgiving yang merupakan budaya negara barat.

4. Konsumsi (consumption)

Konsumsi mengacu pada penggunaan dan investasi budaya dalam mempertimbangkan reputasi nilai dan sebagainya. Harvest Moon dapat dikonsumsi sebagai media hiburan dan media pembelajaran. Melalui Harvest Moon selain bermain game, kita juga dapat mempejalari ilmu basic mengenai pertanian dan peternakan, seperti mengetahui bibit-bibit yang dapat ditanam sesuai musim tertentu, mengetahui resep-resep makanan, mengetahui produk yang dapat dihasilkan dari hewan-hewan tertentu, dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline