Lihat ke Halaman Asli

Sheila Serena Susanto

Mahasiswa FISIP UAJY 2019

Rahasia Sukses Menjadi Master of Ceremony!

Diperbarui: 24 November 2020   18:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.ronapresentasi.com/tips-sukses-menjadi-mc/

Master of Ceremony atau MC memiliki peran yang cukup penting di setiap acara. Bagaimana tidak, seru dan suksesnya suatu acara terdapat di tangan seorang MC. Untuk menjadi MC sendiri cukup susah-susah gampang loh, Sobat! Sebagai seorang MC kita harus pandai mengajak hadirin untuk berinteraksi. Berikut ini beberapa tips untuk menjadi MC yang baik di sebuah acara. Yuk disimak!

1. Menguasai Acara

Tentunya sebelum berdiri di panggung dan membawa suatu acara, kita sudah memahami dengan baik acara tersebut. Kita mengetahui dengan jelas konsep acaranya, tema acaranya, dan memiliki gambaran mengenai acaranya. Kita juga harus mengetahui tamu-tamu yang kelak akan datang ke acara tersebut. Semua ini berguna untuk kita menyusun kata-kata dan teks MC ketika menjadi pembawa acara. Apakah nantinya menggunakan bahaa yang non formal, semi formal atau bahkan formal. Jangan lupa juga untuk menghafalkan urutan susunan acara ya!

2. Percaya Diri

Percaya diri merupakan poin yang sangat penting dalam menjadi seorang MC. Kita harus yakin akan kemampuan yang ada di dalam diri kita. Apabila kita sudah yakin terhadap diri kita sendiri, barulah kita dapat meyakinkan orang lain bahwa kita adalah seorang pembawa acara yang baik dan berkualitas. Percaya diri juga tentunya akan mempengaruhi postur berdiri. Dengan adanya rasa percaya diri, maka secara otomatis kita akan berdiri dengan tegap dan berani memandang kedepan. 

3. Pandangan Mata

Seperti yang telah dikatakan pada poin sebelumnya, pandangan mata dipengaruhi oleh kepercayaan diri seseorang ketika menjadi MC. Pandangan mata yang baik dan benar adalah ketika kita berbicara kita dapat melihat para hadirin dengan keseluruhan. Tidak melulu melihat ke kanan, ke kiri, ke atas ataupun ke bawah. Apalagi ke belakang, nooo banget ya sobat haha. Kita harus dapat mengontrol pandangan mata kita. Apabila pandangan mata kita memberikan kesan tidak fokus atau tidak serius, maka hal ini dapat memberikan poin minus ketika kita tampil di atas panggung. 

4. Vokal

Ketepatan vokal juga merupakan hal yang harus diperhatikan oleh pembawa acara. Ilmu ini juga dikatakan paralinguistik.

Paralinguistik adalah ilmu yang mengacu pada studi mengenai paralanguage. Ilmu paralinguistik merupakan perilaku vokal yang menunjukkan bahwa maksud suatu perkataan ditentukan berdasarkan bagaimana perkataan itu diucapkan seperti misalnya volume suara, nada bicara, dan lain-lain. 

Sebagai seorang MC, kita harus dapat menyesuaikan volume suara kita ketika berbicara. Apakah nantinya harus rendah ataukah tinggi, semua disesuaikan dengan suasana, kondisi, dan situasi. Selain itu, memperhatikan nada bicara juga penting. Hal ini agar hadirin atau audiens tidak bosan ketika mendengarkan kita sebagai MC berbicara. 

5. Penampilan Menarik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline