Lihat ke Halaman Asli

Media Baru: Implementasi Karakteristik pada Situs Berita Reuters

Diperbarui: 24 Februari 2017   13:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.reuters.com

Setelah memahami tentang karakteristik dari media baru, saya mencoba mengimplementasikannya pada salah satu situs berita online Reuters.com.

Reuters.com merupakan bagian dari Thomson Reuters dalam divisi media. Thomson Reuters adalah kantor berita multimedia internasional terbesar di dunia. Mereka menyediakan investigasi berita, berita dunia, berita bisnis, berita teknologi, berita utama, berita bisnis kecil, berita siaga, keuangan pribadi, pasar saham, dan informasi keuangan lainnya yang terdapat dalam Reuters.com.

Analisis Karakteristik:

1. Digital

Reuters.com telah menyajikan berita dengan mengikutsertakan teks, foto, maupun video.

Gambar 1. Penggunaan video dalam artikel berita

Gambar 2. Penggunaan foto dalam artikel berita

Pada konten markets & finance terdapat pula grafik mengenai naik turunnya nilai mata uang, emas, dan saham.

Gambar 3. Penggunaan grafik untuk memperjelas data

2. Interactive

Dalam setiap artikel berita terdapat icon share: twitter, facebook, linkedin, dan mail. 

Gambar 4. Tombol share pada tiap artikel berita

Sedangkan untuk konten foto dan podcast, pengguna bisa share ke twitter, facebook, linkedin, reddit, google+, dan mail. 

Gambar 5. Tombol share pada konten foto dan podcast

Untuk konten video, Reuters menyediakan icon share: twitter, facebook, linkedin, mail, irl, dan link.

Gambar 6. Tombol share pada konten video

3. Hypertextual
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline