Lihat ke Halaman Asli

Pahami Infeksi Cacing Kremi pada Anak

Diperbarui: 7 September 2018   20:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Halo sobat Kompasiana!

Pernahkan kalian mendengar istilah kremian. Apa itu kremian? Bagaimana cara kita mengetahui apakah anak kita kremian atau tidak? Enterobius vermicularis atau Oxyuris vermicularis atau yang lebih dikenal dengan cacing kremi adalah cacing (parasit) yang sering menginfeksi  pencernaan anak sekolah. Beberapa hal yang menjadi penyebab seorang anak terinfeksi cacing kremi adalah tidak mencuci tangan sebelum makan, setelah bermain di lapangan dan sering menggigit pensil, mainan atau barang lainnya yang terdapat telur cacing kremi. Sanitasi yang buruk menjadi faktor yang memudahkan terjadinya infeksi ini.

Bagaimana cara kita mengetahui apakah orang terdekat kita terinfeksi cacing kremi? Apa tanda dan gejalanya? Biasanya orang yang terinfeksi cacing kremi akan mengeluhkan rasa gatal pada bagian dubur atau sekitar dubur, rasa gatal ini sering terjadi pada malam hari. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena cacing kremi yang masuk mulut lalu bermigrasi ke bagian anus (dubur). Biasanya anak akan terus menggaruk duburnya karena rasa gatal yang hebat sampai duburnya terluka. 

Keadaan luka pada anus ini semakin memperburuk keadaan. Keluhan lainnya yang dapat dirasakan oleh anak adalah kurang nafsu makan, berat badan, gangguan pencernaan, emosional dan insomnia yang dikarenakan rasa gatal semakin hebat pada malam hari sehingga akan sangat mengganggu tidur.

Apabila anda melihat ada orang terdekat anda yang merasakan gejala seperti yang telah dibahas sebelumnya, anda dapat segera mengajaknya untuk berobat ke dokter untuk selanjutnya  dilakukan pemeriksaan yang tepat dan apabila benar terbukti terinfeksi cacing kremi selanjutnya akan diberikan obat cacing. 

Apa yang dapat kita lakukan agar orang-orang yang kita sayangi tidak terinfeksi cacing kremi? Mudah sekali. Biasakan memiliki pola hidup yang bersih dan sehat. Seperti apa pola hidup yang bersih dan sehat itu? Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mencuci tangan setiap habis bermain di luar ruangan, memotong pendek kuku (kotoran yang terselip di kuku, tanpa kita sadari bisa terdapat telur cacing), hindari menggigit kuku, membiasakan sering mengganti pakaian dan alas kasur, sarung bantal serta guling. Ayo mulai hidup bersih dan sehat melalu hal-hal yang sederhana.

Semoga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline