Lihat ke Halaman Asli

Bidikmisi Salah Sasaran dan Diganti KIP

Diperbarui: 13 Desember 2019   22:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Adanya kemungkinan tahun depan beasiswa bidikmisi akan digantikan oleh Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah menjadi perbincangan saat ini. Hal tersebut dikemukakan oleh Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, Didin Wahidin.

Tetapi sudah banyak kasus yang terjadi disekitar kita mengenai bidikmisi yang salah sasaran, banyak dari mereka yang mendapatkan bidikmisi dinilai mampu dalam perekonomian, mereka berpura- pura miskin, dan membuat surat keterangan tidak mampu agar memenuhi syarat bidikmisi. Seharusnya penyeleksian dilakukan secara ketat agar penerima bidikmisi dapat terlaksana dengan baik,

Dikutip dari TEMPO.CO, bagi yang sudah memiliki KIP semasa SMA, maka bisa mendapatkan KIP kuliah. Dan untuk tahap awal KIP kuliah ini akan memprioritaskan pada mahasiswa yang mengambil bidang science dan vokasi. Sedangkan untuk ilmu sosial akan menyusul pada tahap selanjutnya.

Dari program 3 kartu yang di keluarkan Jokowi, salah satunya adalah KIP yang akan menggantikan Bidikmisi mulai tahun depan, dengan di harapkan bisa menggapai pendidikan di tingkat perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar negeri. Dan dengan digantikannya bidikmisi menjadi KIP, penerimaan KIP tersebut juga harus dikelola dengan baik agar tidak ada kasus salah sasaran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline