Lihat ke Halaman Asli

Financial Technology Penting untuk Pengembangan Bisnis UMKM

Diperbarui: 21 Mei 2023   19:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Saat ini, masyarakat mulai membuka usaha untuk menambah penghasilan mereka. Salah satunya adalah usaha UMKM yang banyak diminati oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah. Para pelaku UMKM sekarang sudah banyak mengikuti perkembangan teknologi dengan melakukan digital marketing untuk dapat bertahan. 

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) digital yang produktif merupakan pendorong utama dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa perdagangan digital diperkirakan akan tumbuh sebesar 33,2% dari tahun 2020 menjadi Rp337 triliun tahun 2021. Sementara transaksi digital banking diproyeksikan meningkat sebesar Rp32 triliun atau tumbuh 19,1% pada tahun 2021.

Di era teknologi yang terus maju memudahkan para pelaku usaha seprti (UMKM) dalam menjalankan bisnisnya. Seperti, Kehadiran financial technology (fintech) yang membantu para pelaku usaha (UMKM) dalam mengembangkan usahanya. 

Fintech merupakan inovasi teknologi yang mempermudah transaksi. Kehadiran fintech akan memudahkan masyarakat mengakses berbagai produk pada sektor keuangan dan mempermudah transaksi serta meningkatkan literasi keuangan. fintech mampu meningkatkan perkembangan UMKM dengan cara fintech hadir sebagai platform penyedia pinjaman, proses yang dilakukan secara online untuk mempermudah, sebagai teknologi pembayaran secara massal, fintech juga mempermudah penggunanya dalam mengecek pembayaran.

Kehadiran teknologi keuangan fintech membawa manfaat penting bagi para pelaku UMKM yang akan mengembangkan bisnisnya. Dalam mendukung perkembangan UMKM, Fintech memberikan akses yang mudah pada pelaku UMKM untuk mencari pinjaman atau modal. Secara umum, Fintech berperan dalam mendorong kemampuan ekspor UMKM yang sekarang masih tergolong rendah, mendorong tingkat kesejahteraan, membantu pemenuhan kebutuhan pembiayaan. Fintech selalu berinovasi, seperti mengembangkan produk yang fleksibel dan cara yang lebih baik untuk mengatasi permasalahan bisnis UMKM.

Financial Technology menjadi harapan baru bagi pengembangan bisnis UMKM di Indonesia. Permasalahan menggenai permodalan dan pembiayaan, proses pengajuan modal dapat diatasi dengan fintech melalui program pinjaman. Fintech memberikan solusi  mengenai permasalahan keuangan, khususnya bagi bisnis UMKM yang ingin berkembang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline