Lihat ke Halaman Asli

Go Digital untuk UMKM Indonesia

Diperbarui: 20 Mei 2023   20:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Tercatat sekitar 60% UMKM Indonesia yang berkontribusi terhadap PBD mencapai 60,51%. UMKM juga berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja hingga mencapai 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional. Tercatat kinerja impresif pertumbuhan ekonomi indonesia pada Q2 tahun 2022 mencapai 5,44% (yoy). Catatan tersebut meneruskan kinerja dari 2 kuartal sebelumnya yang juga mencatatkan pertumbuhan diatas 5%. Sekor usaha mikro, kkecil, menengah (UMKM) adalah salah satu pendorong bagi pertumbuhan ekonomi yang telah sekian lama menjadi salah satu bagian penting dari perekonomian indonesia dan terbukti memiliki daya tahan yang sangat baik termasuk menghadapi pandemi covid-19. 

Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat menjadi salah satu kuncinya, khususnya semenjak pandemi covid-19. Hal ini juga mendorong perilaku masyarakat untuk berbelanja online. Platfrom perdagangan elektronik menjadi pilihan masyarakat untuk berbelanja dan bertransaksi. Dengan cepatnya perkembangan ekonomi digital saat ini, transformasi digital sudah menjadi suatu kehasuan bagi UMKM untuk meningkatkan efisiensi dan pengembangan usaha. 

Pada era digitalisasi, UMKM dituntut untuk dapat terus berproduksi dan berpromosi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Menarik minat pelanggan dapat dilaukan dengan melakukan pemsaran berbasis online atau yang lebih dikenal sebagai digital marketing. Digitalisasi pada UMKM memiliki banyak manfaat, antara lain membantu pemasaran produk dimasa pandemi dengan jangkauan yang lebih luas, mempermudah transaksi dan pencatatan keuangan melalui penggunaan platfrom pembayaran digital, meningkatkan akses pasar dan pelatihan pengembagan usaha, juga meningkatkan akses pasar dan pelatihan pelatihan usaha, juga termasuk mempermudah dari sisi logistik untuk delivery maupun distribusi peoduk kepada palanggan. 

Di era digitalisasi ini digital markerting menjadi penting karena merupakan suatu produk teknologi informasi yang mempromosikan produk atau jasa melalui media internet melalui berbagai aplikasi E-commerce. penggunaan media internet dan aplikasi E-commerce memberikan jaminan kemudahan kepada para pelaku UMKM dan pelanggan untuk mendapatkan produk atau jasa yang ditawarkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline