Lihat ke Halaman Asli

5 Cara untuk Tetap Positif dan Fokus Selama Covid-19

Diperbarui: 31 Desember 2020   00:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Selama masa-masa yang tidak pasti ini, Anda mungkin merasa sedikit tidak nyaman atau gelisah. Itu sangat normal - lagipula kita sedang berada di tengah pandemi - dan banyak orang akan merasakan hal yang sama. Pada hari Rabu sore, 30 Desember 2020, Kementerian Kesehatan mengumumkan 8.002 kasus COVID-19 baru yang dikonfirmasi, sehingga jumlah total infeksi secara nasional menjadi 735.124.

Meskipun kasus COVID-19 di Indonesia saat ini memicu kecemasan, berikut beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk tetap positif dan fokus selama COVID-19.

1. Gunakan waktu luang untuk perawatan diri.
Perawatan diri dan kebiasaan seperti meditasi sering kali disingkirkan dalam kehidupan kita yang sibuk, tetapi sekarang ini adalah waktu terbaik bagi Anda untuk melakukannya. Meditasi selama masa sulit ini dapat membantu Anda menjernihkan dan menghilangkan pikiran dan perasaan cemas, stres, panik, dan lain-lain.


2. Dukung bisnis-bisnis kecil di saat Anda bisa.
Salah satu hal yang paling menyedihkan tentang pandemi ini adalah pengaruhnya terhadap bisnis, terutama yang kecil.  Anda dapat mendukung mereka dengan memberikan donasi langsung di situs web mereka atau memesan makanan ringan dari restoran mereka.


3. Sebar kebaikan dan rasa kasih sayang.
Selama pandemi ini, sedikit tindakan cinta dan penghargaan akan sangat berarti.  Kirimkan catatan penghargaan kepada teman atau kolega.  Berterimakasihlah pada satpam di gedung atau tempat kerja Anda.  Berterimakasihlah kepada para pekerja penting yang bekerja untuk Anda siang dan malam.


4. Belajar hal yang baru.
Jika Anda kebetulan menemukan diri Anda memiliki waktu luang ekstra, berikut beberapa saran:
- pelajari bahasa baru secara online;
- beli buku resep online dan coba beberapa resep baru untuk meningkatkan kekebalan tubuh;
- gunakan YouTube untuk mempelajari apa saja;
- ambil dan ikuti beberapa kelas yoga online.


5. Hargai waktu bersama orang-orang di sekitar Anda.
Baik saat Anda kembali ke rumah mengarantina dengan keluarga, tinggal bersama teman, anjing Anda, atau bahkan sendiri, pertajam hubungan itu. Ajukan pertanyaan yang tidak pernah Anda tanyakan. Tanyakan bagaimana waktu ini memengaruhi Anda dan mereka, dan bekerja samalah dengan siapa pun dan apa pun yang Anda miliki.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline