Universitas Jember ( unej.ac.id ) merupakan salah satu universitas yang menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswanya. Dimasa pandemi covid-19 ini pemberlakuan sistem KKN tahun 2021 mengusung tema KKN Back To Village Batch 3 (KKN BTV 3). KKN BTV 3 mewajibkan mahasiwanya melakukan pengabdian masyarakat di desa asal masing masing dan dilakukan secara mandiri. Dari beberapa topik yang diberikan banyak mahasiswa yang mengusung topik KKN Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat hal ini didasari karena banyaknya UMKM yang terkendala dan terdampak setelah adanya pandemi covid-19.
Salah satu desa yang memiliki UMKM terdampak pandemi covid-19 adalah Desa Sekoto. Desa sekoto merupakan salah satu desa di Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Salah satu UMKM yang ada di Desa Sekoto adalah usaha pot kain semen milik ibu eva.
Selama ini penjualan yang dilakukan ibu eva hanya secara offline dan lingkupnya sempit hanya para tetangga sehingga hasil penjualan sangat kecil. Sejak adanya pandemi penjualan pot semakin berkurang dan stok pot kain semen menumpuk karena banyak yang belum terjual. Melihat fenomena selama masa pandemi banyaknya orang yang bekerja dari rumah (work from home) dan munculnya para pecinta tanaman hias membuka peluang bagi usaha pot ibu Eva, sayangnya beliau masih kurang pengetahuan teknologi untuk melakukan perluasan pemasaran pot kain semen miliknya.
Melihat permasalahan tersebut menjadikan latar belakang saya Shavira Putri Noviaranti memilih Ibu Eva sebagai sasaran KKN BTV 3 yang akan saya lakukan. Selama KKN BTV 3 ini berlangsung saya memiliki program kerja yang bertujuan untuk mengembangkan UMKM pot kain semen ibu Eva dengan pengenalan, pelatihan dan praktek langsung mengenai pemasaran produk melalui digital marketing.
Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan pemasaran moder dan cara memperluas pemasaran produk pot kain semen milik ibu Eva. Serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu seputar pemasaran produk melalui digital marketing diantaranya
- Pengenalan digital marketing dan berbagai media yang dapat digunakan dalam pemasaran menggunakan digital marketing
- Penginstalan dan login beberapa media yang dapat digunakan dalam digital marketing (facebook, instagram, shopee)
- Pelatihan dan praktek pengambilan foto dan vidio produk untuk pemasaran
- Pelatihan dan praktek pemasaran produk melalui digital marketing serta pemberian beberapa tips pemasaran melalui digital marketing
- Untuk menambah pengetahuan bagi pelaku UMKM juga diajarkan mengenai pembukuan atau pelaporan keuangan dalam bisnis UMKM tersebut
- Sebagai pelengkap bukan hanya melakukan pemasaran secara offline menggunakan digital marketing namun juga meningkatkan pemasaran secara offline dengan pemasangan banner jualan produk.
Dokumentasi kegiatan KKN BTV 3 :
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H