Lihat ke Halaman Asli

Gelar Aksi Edukasi, Mahasiswa Pendidikan Geografi UM Ciptakan Peningkatan Literasi Digital pada Siswa Kelas VII.A SMP Taman Siswa Malang

Diperbarui: 2 Desember 2024   17:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siswa VII.A SMP Taman Siswa Malang (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Malang - Lima mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kegiatan sosialisasi dan edukasi literasi digital di SMP Taman Siswa Malang, pada 22 November 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital siswa, sekaligus memperkenalkan mereka pada cara memanfaatkan media digital dalam pembelajaran.

Literasi
Menurut UNESCO, literasi merupakan suatu kemampuan dalam mengidentifikasi, memahami, menafsikan, menciptakan, berkomunikasi, menghitung, dan menggunakan bahan cetak serta tulisan dalam hubungannya dengan berbagai pencapaian tujuan dalam pengembangan pengetahuan, potensi, dan berpartisipasi secara penuh dalam komunitas dan masyarakat.


Literasi Digital
Literasi digital adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi digital secara efektif, termasuk memahami dan menilai informasi yang diperoleh melalui media digital. Contoh media digital, seperti Ipusnas, E-book, YouTube, Google, maupun sosial media.

Kegiatan diawali dengan pemaparan mengenai literasi digital kepada siswa kelas VII.A SMP Taman Siswa Malang. Dalam paparannya, mahasiswa menjelaskan hal-hal penting:

1. Peran literasi dalam menunjang pengetahuan dan pemahaman dalam berpikir dan berkomunikasi.

2. Pentingnya metode pembelajaran menggunakan media digital.

3. Cara meningkatkan literasi pada siswa.

Pemaparan Mengenai Literasi (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Setelah pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan pre-test guna mengukur pemahaman awal siswa mengenai topik-topik literasi yang akan dipelajari. Pre-test bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa mengenai topik-topik tersebut sebelum mendalaminya lebih lanjut.

Siswa kemudian dibagi menjadi empat kelompok, di mana setiap kelompok mempelajari satu topik yang berbeda dengan kelompok lain. Kelompok-kelompok tersebut diberikan akses ke berbagai media digital untuk mencari informasi terkait topik yang ditugaskan. Setiap kelompok kemudian diminta untuk berdiskusi mengenai topik yang dibahas, serta memvisualisasikan hasil temuannya dalam bentuk presentasi yang menarik.

Diskusi Kelompok Siswa (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Presentasi kelompok di depan kelas menjadi sesi utama, di mana setiap kelompok menyampaikan informasi yang telah mereka pelajari dengan cara yang mudah dipahami oleh siswa lain. Hal ini bertujuan untuk melatih keterampilan komunikasi dan kreativitas siswa dalam menyampaikan materi. Dalam penyampaian materi tersebut, siswa menjelaskan secara lisan, memperagakan secara fisik, serta membuat gambaran mengenai topik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline