Lihat ke Halaman Asli

Globalisasi di Pandangan Siswa di Era Modern

Diperbarui: 26 Oktober 2020   09:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kalian sudah pasti familiar dengan kata Globalisasi. Kata Globalisasi ini pasti pernah dengar saat pelajaran sekolah, atau mungkin saat acara meeting. Globalisasi pun terdapat di buku-buku yang kita baca, atau di artikel yang tersedia di internet. 

Globalisasi adalah proses perubahan sosial, globalisasi ini membidik terhadap suatu kondisi dimana suatu negara, wilayah, masyarakat memiliki koneksi antar satu sama yang lain. Disini, penulis akan memberikan beberapa contoh dari Globalisasi..

  • Bidang ekonomi: Kegiatan ekspor impor
  • Hal ini dapat meningkatkan hubungan antar negara. Terutama dalam hubungan perekonomian, dimana pihak yang terlibat dapat berkomunikasi secara sederhana dan menggunakan teknologi canggih yang dapat melakukan proses ekspor impor. Hal ini dapat meningkatkan pendapatan negara.
  • Bidang sosial: Masyarakat yang sudah tidak lagi homogen
  • Pada era sekarang, globalisasi telah mendunia. Berbagai macam orang dapat memasuki atau keluar dari negara nya dan berbaur dengan sekelompok masyarakat lainnya di negara asing. Mereka mendapatkan akses untuk bertemu dengan orang baru dengan sederhana karena globalisasi.
  • Bidang budaya: budaya lokal kurang dilestarikan
  • Mengapa penulis berkata seperti itu? Hal ini dikarenakan telah masuknya budaya asing ke suatu negara dan menggantikan budaya lokal di negara tersebut. Ambil contoh kpop yang telah mendunia dan mendominasi dari berbagai grup seperti MONSTA X, RED VELVET, BTS dll
  • Bidang politik: munculnya banyak organisasi internasional. Dimana organisasi ini dapat memudahkan komunikasi antar negara dan menjalankan hubungan politik, ekonomi dll. Contohnya seperti ASEAN, PBB, NATO dll.
  • Bidang IPTEK: Akses internet yang lebih cepat dan efisien. Dikarenakan era sekarang telah menyediakan teknologi yang dapat membantu manusia untuk bekerja lebih cepat, teknologi juga dapat menyediakan internet yang memberikan banyak informasi.
  • Bidang Pendidikan: Terdapat program pertukaran siswa atau guru asing.

Penulis hanya mempaparkan beberapa contoh positif dan negatif saja, lalu penulis akan menjelaskan hal hal apa saja yang mempercepat proses globalisasi. 

Terdapat beberapa hal yang mempercepat proses ini yaitu seperti sistem komunikasi dan transportasi, perdagangan internasional, pariwisata internasional dunia, migrasi internasional, Kerjasama antar negara, dan media masa. Nah tentu globalisasi memiliki hubungan erat dengan IPTEK. IPTEK sendiri adalah adalah tahap perkembangan yang mendorong terjadinya globalisasi. 

Perkembangan IPTEK adalah salah satu faktor utama perkembangan dunia dalam 50 tahun terakhir. Setelah perang dunia ke 2, teknologi informasi adalah salah satu penentu perubahan dunia. Penemuan teknologi komunikasi seperti internet dan penggunaan satelit mengubah cara komunikasi. 

Kecepatan dalam berinteraksi ini yang mempercepat proses globalisasi. Perkembangan IPTEK bahkan tidak bisa diprediksi karena berbagai penemuan yang semakin canggih.

Sebelumnya penulis sudah memperkenalkan pengertian globalisasi dan hubungannya dengan IPTEK. Sekarang penulis akan menjelaskan dampak negatif nya dari globalisasi. Iya, dampak negatif! Tidak selamanya suatu hal akan membawa dampak positif kepada masyarakat. 

Ambil contoh sekolah online. Sekolah online bertujuan untuk mempermudah akses guru untuk mengajar materi atau pelajaran kepada siswa, dimana siswa akan menjalankan perannya dengan belajar secara daring, kesimpulannya yaitu dapat mudah mendapat ilmu meski kesulitan saat pandemi. 

Tetapi dampak negatif dari sekolah online yaitu banyak siswa yang kelelahan karena jadwal sekolah yang cukup berat, jam sekolah yang panjang, ditambah dengan tugas-tugas yang harus dikerjakan saat selesai jam sekolah dan menatap layar hingga malam sehingga kekurangan tidur dan dapat merusak kesehatan mata. 

Sama seperti globalisasi, dampak negatif dari globalisasi yaitu tidak mengandung filter. Apa itu maksudnya filter? Filter yang berarti dimana budaya asing dapat memasuki suatu negara dengan mudah. 

Diikuti dengan penyuludupan barang yang illegal, kerusakan lingkungan atau polusi udara, darat dan air dikarenakan kegiatan dan pembangunan perusahaan industrial dan sikap individualis yang tinggi. Mengapa hal-hal tersebut dapat terjadi?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline