Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Tidur Cukup Bagi Tubuh

Diperbarui: 8 September 2015   05:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kemajuan teknologi menyebabkan begadang menjadi suatu hal yang wajar karena sudah tidak ada lagi batasan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Sebenarnya, tanpa jam tidur yang cukup, kita tidak dapat memberikan kemampuan terbaik kita dalam bekerja, menyerap informasi, dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar.

MENGAPA KITA PERLU TIDUR YANG CUKUP?
Dengan tidur yang cukup tubuh dapat beristirahat dan mempunyai waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan pada saat waktu kita terbangun.

- Untuk otak
Otak kita memang sangat ajaib karena meskipun kita sedang tidur, otak terus-menerus aktif dan bekerja. Oleh karena itu, kita harus membantu otak kita agar tidak terlalu banyak bekerja dan pekerjaannya bisa tertata dengan rapi dengan tidur yang cukup. Dengan tidur, otak kita mempunyai waktu untuk menata memori yang ada dan memperkuat daya ingat kita. Otak juga dapat mereset segala sesuatu sehingga pada saat kita sudah bangun dari tidur, kita akan merasa refresh dan bisa menyerap informasi yang baru.

- Untuk sel tubuh
Regenerasi sel-sel tubuh hanya dapat dilakukan selama kita tidur. Oleh karena itu, pada saat kita sakit, kita disarankan untuk banyak tidur supaya sel-sel yang rusak dapat diperbaiki dan proses pemulihan kesehatan menjadi lebih cepat.

- Untuk pertumbuhan
Hormon pertumbuhan biasanya diproduksi pada saat kita tidur. Oleh karena itu, bagi orang yang sedang dalam masa pertumbuhan , sangat disarankan untuk tidur yang cukup agar tubuh mempunyai kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.

- Untuk mata
Kurang tidur dapat memperlambat sirkulasi darah dalam tubuh kita, terutama pada daerah mata. Oleh karena itu , apabila kita kurang tidur akan muncul lingkaran hitam di bawah mata dan mata akan kelihatan sembab. Sangat berbeda apabila kita tidur yang cukup, mata menjadi kelihatan bersinar dan tidak lelah.

- Untuk kulit
Percaya atau tidak, waktu yang tepat untuk peremajaan dan perbaikan kulit yang rusak adalah pada saat kita tidur. Saat tidur, tubuh memproduksi hormon Melatonin yang berfungsi sebagai antioksidan. Ibaratnya seperti senjata yang memang diciptakan untuk menjaga kekebalan tubuh seseorang. Orang yang kurang tidur , kulitnya akan terlihat kusam dan terdapat tanda-tanda penuaan dini (kerutan pada wajah).

- Untuk rambut
Dalam hal ini, hormon Melatonin juga sangat berperan. Kurang tidur juga dapat merusak kesehatan kulit kepala karena berkurang kekebalannya. Apabila kulit kepala kurang kekebalan, maka rambut akan mudah rontok.

Waktu tidur setiap orang pastinya berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Untuk remaja berusia 12-18 tahun rata-rata membutuhkan waktu sekitar 8.5 - 10 jam waktu tidur per hari, sedangkan orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7.5 - 9 jam per hari. Dari beberapa manfaat yang dijabarkan diatas , penting sekali untuk tidur yang cukup. Tidur yang cukup dapat menimbulkan kecantikan tersendiri dalam tubuh kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline