Lihat ke Halaman Asli

Sharah Pasha Syah

Mahasiswi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang

Keluhan Pengguna terhadap Aplikasi Berita Okezone

Diperbarui: 27 Januari 2022   19:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Aplikasi Okezone adalah aplikasi yang menyajikan beragam konten dari berita umum, politik, peristiwa, internasional, ekonomi dan bisnis, lifestyle, selebriti, musik, sports, bola, automotif, teknologi, dan lainnya bagi pengguna android. 

Sebagai nilai tambah, Okezone ini telah dilengkapi dengan berita - berita lokal. Okezone juga merupakan sebuah portal online berita dan hiburan yang berfokus pada pembaca, baik di dalam negeri maupun diluar negeri. 

Prosedur okezone adalah melaporkan setiap kejadian penting dalam waktu kurang dari 1 jam dari lokasi kejadian. Akan tetapi di aplikasi ini juga terdapat beberapa kekecewaan pembaca yang telah kami amati dari aplikasi Okezone dengan perolehan rating aplikasi ini hanya sekitar 3,8 bintang saja.

Beberapa komentar miring pun banyak dilontarkan oleh pengguna. Alasannya, pengguna merasa terganggu dan kecewa dengan tombol backnya kembali ke halaman utama serta berita yang disajikan tentang politik tidak netral. Salah satu review dari akun Awan Biru, "Baca okezone gak asyiiik lagi habis baca berita mesti kembali ke awal lagi". 

Ada juga dari Ilham Taufiq "Selalu kembali ke bagian atas setelah membaca berita, harusnya kembali ke judul berita yang telah dibaca". Kekecewaan lainnya dari akun Pengguna Google "Maaf... sepertinya okezone tidak netral atau berpihak dalam memberitakan tentang politik.. okezone lebih berpihak ke pemerintahan karena selalu menulis berita tentang pertahanan tapi tidak pernah menulis tentang pihak satunya lagi.. kalaupun ada pasti tentang sisi negatif.... menurut saran saya okezone lebih baik tidak usah berpihak berlebih oke lagi... maaf kalau saya salah..". 

Dengan banyaknya review buruk seperti contoh tersebut maka sebaiknya Okezone dapat mengatasi keluhan pengguna dalam meningkatkan perbaikan sistem. Sehingga pengguna tidak menghapus aplikasi okezone atau berpindah ke aplikasi berita yang lain.

Beberapa cara yang menurut kami dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah pihak developer memperhatikan lagi keluhan yang dialami pengguna kemudian memperhatikan lagi berita yang akan dimuat apakah berita tersebut benar-benar akurat dan apakah berita tersebut tidak menggiring opini. 

Kemudian mengenai keluhan pengguna yang mengatakan bahwa apabila menekan tombol back malah kembali ke halaman utama sebaiknya pihak developer memperbaiki fitur tersebut karena kebanyakan pengguna berdasarkan ulasan merasa kurang nyaman. 

Maka dari itu harapan kami semoga aplikasi Okezone memperbaiki masalah atau keluhan pengguna sehingga aplikasi ini memiliki lebih banyak pengguna dan juga fitur yang diberikan lebih baik dari sebelumnya.

Oleh: Sharah Pasha Syah, Dinda Puspita Arum, Muhammad Iansyah (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline