Lihat ke Halaman Asli

shaquille

saya menulis untuk membari info

Media Sosial Lawan atau Kawan bagi Demokrasi?

Diperbarui: 12 Oktober 2020   08:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Indonesia setidaknya telah melalui empat masa demokrasi dengan berbagai versi. 

Pertama adalah demokrasi liberal dimasa kemerdekaan. Kedua adalah demokrasi terpimpin, ketika Presiden Soekarno membubarkan konstituante dan mendeklarasikan demokrasi terpimpin. Ketiga adalah demokrasi Pancasila yang dimulai sejak pemerintahan Presiden Soeharto. Keempat adalah demokrasi yang saat ini masih dalam masa transisi 

pada masa sekarang dengan adanya media sosial seharusnya indonesia dapat lebih baik dalam selain itu dengan adanya media sosial maka akan memperkuat demokrasi dan berpotensi meningkatkan kualitasnya. hal ini terjadi karena masyarakat memiliki peluang untuk ,mengawasi,mengkontrol dan mengkritisi jalanya pemerintahan.

namun di sisi lainya keberadaan media sosial juga membawa dampak buruk  dalam demokrasi , ada kondisi tertentu yang menjadikan media sosial sebagai tempat untuk menyesatkan masayarakat contohnya pelaku dapat menggunakan identitas palsu dan melakukan tindakan kontraproduktif dengan menyebarkan isu negatif tentang pemerintah.

jadi pada akhirnya kembali pada diri sendiri yang dapat melihat bahwa media sosial itu kawan atau lawan bagi kita dan  begitupun sebaliknya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline