Lihat ke Halaman Asli

Shaomi Lafadzida

menulis untuk mengisi kegabutan

PMM UMM 35 Berikan Pendampingan Digital Marketing bagi UMKM di Kelurahan Karangbesuki

Diperbarui: 4 Juli 2021   21:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses foto produk untuk dipasarkan melalui media sosial

Mahasiswa kelompok 35 gelombang 10 Universitas Muhammadiyah Malang sedang melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) ini merupakan program dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM-UMM). 

Tema kegiatan dari mahasiswa kelompok 35 gelombang 10 ini adalah  pengoptimalan produk UMKM dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Saat ini dunia sedang dihadapkan oleh situasi pandemi COVID-19 yang dimana dengan kondisi ini mendorong masyarakat untuk cepat beradaptasi, tak terkecuali para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

Pada kegiatan pemberikan edukasi pengembangan pemasaran UMKM ini, terlebih dahulu kami melakukan kegiatan survey UMKM yang dimiliki oleh masyarakat setempat. Kami mendatangi setiap masyarakat yang sudah kami pilih dengan bantuan dari Bapak Lurah (Bapak Syahrial Hamid, S.Sos). Dari kegiatan survey yang telah kami lakukan masyarakat begitu antusias dalam menyampaikan setiap permasalahan yang dialami pada masa pandemi COVID-19.

Di tengah kondisi ini, pelaku UMKM di di Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang pun mengalami adanya penurunan penjualan. 

Hal ini tentunya membuat PMM UMM kelompok 35 gelombang 10 dibawah bimbingan Ibu Cholidah, SH.,M.H selaku dosen pembimbing lapangan berinisiatif untuk pemberian edukasi pengembangan pemasaran UMKM. meskipun kegiatan edukasi pengembangan pemasaran UMKM tidak diikuti oleh seluruh masyarakat di Kelurahan Karangbesuki, namun hal tersebut tidak mematahkan semangat kami dalam membantu pengoptimalan pemasaran UMKM tentunya di media online. Antusias masyarakat yang telah kami pilih pun sangat luar biasa. Mereka sangat berharap kedatangan kami bisa memajukan UMKM yang sudah dimiliki tentunya pada masalah pemarasan di masa pandemi.

pendampingan dalam hal pembuatan akun sosial media

Dari hasil survey yang telah kami lakukan, kami menemukan solusi untuk membantu masyarakat yang memiliki UMKM dalam pemasaran produk yang dimiliki. Solusi yang kami tawarkan diantaranya (1)pembuatan catalog produk, (2)foto produk, (3)membantu memasarkan produk melalui media : Shopee, Whatsapp, dan Instagram.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline