Refleksi hasil dan dampak aksi dari langkah-langkah yang di lakukan dalam pembelajaran di sekolah menengah kejuruan yang hasilnya efektif dapat diterapkan dapat didalam kelas antara lain :
- Model pembelajarn PjBL menumbuhkan berpikir kritis peserta didik
- Metode demonstrasi, peserta didik lebih aktif dalam mengekplor kreatifitasnya pada saat praktek
Berhasil atau tidaknya strategi tersebut terlihat dari rangkaian kegiatan pembelajaran, mulai dari kegiatan awal, inti, dan penutup. Sedangkan faktor yang menjadi kekurangan dari metode yang digunakan, yaitu : Masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam diskusi kelompok maupun praktek,jika sajian demonstrasi tidak dilihat oleh semua peserta didik, maka materi ajar tidak dapat terserap dengan baik;
Hasil Pembelajaran dapat diperoleh dari keseluruhan proses yang telah dilakukan, antara lain:
1. Peserta didik lebih antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
2. Peserta didik berlatih untuk bekerjasama dan berdiskusi dalam praktek
3. Kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dengan keaktifan peserta didik pada saat praktek
Hasilnya sangat efektif, karena dengan menggunakan model PJBL, media pembelajaran berupa video, metode demostrasi, peserta didik sangat antusias saat proses pembelajaran berlangsung, mulai dari pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H