Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan dalam Dunia Kesehatan

Diperbarui: 17 November 2017   15:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Perkembangan pada Bidang Kesehatan

Setelah perang dunia ke II selesai banyak ilmu-ilmu yang berkembang. Ilmu mulai dari pendidikan sampai pada bidang kesehatan juga ikut berkembang sesuai dengan jaman. Cukup banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, misalnya cara berpikir dan kepentingan yang kemudian terbentuk dari situ. Bisnis berbasis kesehatan menjadi cukup bayak menjadi pilihan oleh banyak pihak. 

Tidak dapat dipungkiri bisnis semacam ini memang cukup menguntungkan bagi pihak yang memiliki kuasa. Media massa menjadi alat yang digunakan untuk menegenalkan bisnis mereka pada khalayak secara luas. Televisi menjadi salah satu yang populer paska perang dunia. Promosi yang dilakukan menggunakan iklan dan sebagainya. Khalayak mendapatkan informasi dengan lebih mudah.   

Media populer dan kesehatan: Gambar, Efek, dan Institusi Sebagai penggunaan yang berbasis pada kesehatan, penyakit dan obat-obatan untuk menarik penonton dan pendapatan iklan meningkat (Radley, Lupton, & Ritter, 1997), iklan, hiburan, dan media berita semakin jenuh dengan pesan kesehatan.2 Saat ini kebanyakan jaringan dan surat kabar memiliki koresponden yang mencakup kedokteran dan kesehatan sebagai pemukul reguler (Grossberg, Wartella, & Whitney, 1998, hal 84), dan majalah kesehatan adalah kategori majalah dengan pertumbuhan tercepat kedua, meningkat dari 169 judul di tahun 1988 menjadi 494 judul pada tahun 1998 (Majalah Penerbit Amerika, 2000). 

Pada bulan Mei 2001, pencarian cepat dari Internet menggunakan mesin pencari Yahoo dengan istilah kesehatan menghasilkan lebih dari 12.000 kategori, 22.000 situs, dan satu juta halaman web. Sementara sejumlah besar situs Web ini dibuat oleh spesialis promosi kesehatan yang berusaha meyakinkan individu untuk terlibat dalam perilaku terkait kesehatan tertentu, orang lain dapat melayani fungsi informatif, periklanan, dan hiburan. Selain itu, tidak ada kelangkaan pemrograman hiburan yang didedikasikan untuk dramatisasi medis sejak "Medic" ditayangkan perdana di tahun 1950an.

Bisnis kesehatan sedikit banyak merubah cara kerja pada bidang ini. pasien menjadi pelanggan merupakan salah satu konsep dalam bidang kesehatan yang telah berubah.dalam dunia kesehatan, khusunya jaman sekarang bersaing untuk mendapatkan pelanggan memang sangat marak. Berbagai cara telah dilakukan. Perusahaan kesehatan juga telah melakukan promosi dengan banyak media untuk dapat bersaing. 

Cara pikir dari masyarakat juga telah berubah dalam hal kesehatan. Masyarakat dibuat semakin intens untuk melakukan pengecekan pada kesehatan mereka. Media menjadi salah satu senjata untuk bersosialisasi dengan masyarakat. perkembagan media massa juga menjadikan semakin banyak persainganyang dilakukan oleh perusahaan kesehatan untuk terus mearik perhatian khalayak.

Konvergensi media memiliki dampak yang cukup singnifikan dalam hal promosi dan persaingan dalam dunia kesehatan. Kemunculan internet semakin memudahkan pihak kesehatan untuk melakukan promosi pada masyarakat secara luas. Masyarakat jaman sekarang yang sangat dekat dengan penggunaan media, secara tidak langsung menjadi sasaran dari para pembisinis. 

Promosi masuk begitu mudah dalam bentuk iklan-iklan yang bermunculan dalam sebuah web atau blog. Para pembisisnis melakukan kerjasama dengan beberapa pihak untuk dapat memunculkan iklan mereka di dalam web atau blog mereka.  Bentuk kegiatan yang berhubungan dengan internet dalam dunia kesehatan seberti berita dan sebagainya ditujukanuntuk menyampaikan informasi dan secara tidak langsung mencoba mengkonstruksi kongnitif masyarakat dalam melihat kesehatan mereka sendiri. Masyarakat dibuat seakan-akan masalah kesehatan menjadi hal yang sagat penting untuk diperhatian dan mulai dari hal kecil seperti perawatan kulit dan sebagainya.

Konsep dalam dunia kesehatan untuk jaman sekarang sedikit banyak telah merubah cara berpikir masyarakat tentang kesehatan itu sendiri. Kesehatan sudah tidak lagi meilihat pada penyakit kronis seperti kanker atau diabet saja, penyakit seperti jerawat yang berhubungan dengan kulit yang pada dasarnya bukan permasalahan bersara menjadi perhatian mereka. Banyak klinik kesehatan kulit yang sekarang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Bidang kesehatan telah menawarkan sebuah perawatan yang bisa dikategorikan ringan dan privat untuk pelanggannya. Bisnis kesehatan jaman sekarang telah menjamur dan bersaing untuk memberikan sesuatu yang menarik dan baru pada pelanggan.

Daftar Pustaka

Thomson T. L, Dorse. A ( 2003). Hand Book of Health Communication. Lawrence Erlhaum Accociates. Inc




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline