Lihat ke Halaman Asli

shania hendra

Mahasiswa FISIP UAJY

Mengenal Karakteristik serta Kelemahan dan Kelebihan New Media sebagai Sarana Komunikasi

Diperbarui: 12 September 2021   13:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: advertising-indonesia.id

Komunikasi menjadi salah satu hal yang penting bagi kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Saat ini komunikasi tidak lagi hanya dapat dilakukan secara langsung dengan bertatap muka namun juga dapat dilakukan melalui perantara media.

Hadirnya media membuat kita dapat tetap berkomunikasi dengan orang lain meskipun orang tersebut berada di tempat yang berbeda.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, media juga turut mengalami perkembangan. Masyarakat kini mulai meninggalkan media tradisional dan beralih pada new media.

Namun ternyata hingga saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui dengan benar mengenai istilah new media.

Oleh sebab itu dalam artikel ini kita akan membahas lebih jauh mengenai pengertian, karakteristik serta kelemahan dan kelebihan new media sebagai sarana komunikasi.

Pengertian New Media

Menurut Mulyana (dalam Puspita, 2015, h.206), istilah new media merujuk pada sarana yang digunakan oleh komunikator untuk mengutarakan pesan kepada komunikan.

New media ini merupakan penggabungan antara media tradisional dan media digital yang muncul karena adanya perkembangan teknologi dan internet. Contohnya seperti situs jejaring  sosial, media sosial, online forum, blog, website, dan lain-lain.

Lantas, apa yang menjadi karakteristik atau pembeda antara new media dengan media konvensional?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline