Lihat ke Halaman Asli

Shania Fairuz

Mahasiswa UNDIP

Mahasiswa KKN Undip Edukasi Cara Tingkatkan Penjualan Produk UMKM di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 10 Februari 2021   19:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Semarang (02/02/2021) -- Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi sektor yang paling rentan terkena hantaman pandemi covid-19. Menurut Menteri Koperasi dan UMKM, Tenten Masduki, menyatakan bahwa berdasarkan hasil survey yang dilakukan sejumlah lembaga dan kementrian UMKM, covid-19 memberikan dampak yang cuup besar terhadap keberlangsungan UMKM, hasil survei menyatakan 47 persen UMKM berhenti berusaha.

Agenda pada minggu kelima KKN TIM I Undip yang dilaksanakan oleh Shania Fairuz Hasnani, Mahasiswi Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Industri di Kelurahan Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa tengah, melakukan sosialisasi mengenai strategi marketing Mix 4P dan strategi Instagram marketing untuk mengoptimalkan pemasaran produk.

UMKM yang berada di Kelurahan Srondol Wetan mengalami penurun permintaan dikarenakan Covid-19, hal tersebut dikarenakan pemilik UMKM tidak memasarkan produknya melalui sistem online dan hanya mengandalkan sistem offline saja sehingga penjualan produk tidak maksimal.

Penulis melakukan pembuatan powerpoint dan modul pelatihan mengenai strategi marketing mix 4P, Instagram marketing dan menambahkan tata cara pembuatan akun Shopee dan tata cara berjualan dengan menggunakan Shopee. Hal ini disebabkan oleh kemajuan teknologi di era ini menuntut para penjual untuk menjangkau konsumennya dengan media online, seperti sosial media ataupun e-commerce

Sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2021, bertempat di Balai Kelurahan Srondol Wetan. Kegiatan berjalan dengan mengikuti protocol kesehatan untuk menghindari penyebaran Covid-19 yaitu dengan menggunakan mencuci tangan sebelum masuk, melakukan pengecekan suhu badan, menggunakan masker dan menjaga jarak antar peserta selama pemberian materi.

dokpri

dokpri

"Sosialisasi seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat-masyarakat dan juga para pemilik UMKM di wilayah Srondol Wetan ini yang dirasa cukup kurang memahami teknologi saat ini agar bisa meningkatkan penjualan produk dengan melakukan penjualan online" Ujar ibu Ernawati Dwi Lestari selaku Ketua UMKM Srondol Wetan. Harapannya, dengan diadakaannya sosialisasi ini dapat meningkatkan penjualan produk UMKM dan modul pelatihan dapat berguna bagi beliau untuk mengatur ulang strategi pemasaran.

dokpri

Laporan : Tim 1 KKN UNDIP 2021

Penulis: Shania Fairuz Hasnani

Dosen: Dr. Ir. Suryanti., Mpi

#KKNTimIPeriode2021
#LPPMUndip
#P2KKNUndip

#Undip

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline