Lihat ke Halaman Asli

Pemberdayaan Keluarga Bapak Zainnudin di Kampung Sahabat

Diperbarui: 10 Desember 2020   12:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KELOMPOK 4 KEMUHAMMADIYAHAN FEB UHAMKA (dok. pribadi)

Jakarta, 10.12.2020 . Dalam keadaan Pandemi seperti ini kita tahu bahwa keadaan ekonomi maupun keadaan lainnya sangat merosot sekali grafiknya tentunya tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia pun merasakan hal yang sama. Bahkan berdampak ke seluruh dunia bisnis yang mengakibatkan berujung PHK besar-besar an terhadap para karyawan nya.

Dalam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka ada satu mata kuliah yang bernama “Kemuhammadiyahan”. Mata kuliah ini mengajarkan kepada seluruh mahasiswa dan mahasiswi nya untuk berkegiatan sosial pemberdayaan serta membantu menyejahterakan lingkungan yang targetnya Kaum Dhuafa yang keadaannya sangat serba kekurangan.

Mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka melakukan kegiatan Kemuhammadiyahan ini selama ± 14 hari mulai dari berbagai proses yaitu survey target Kemuhammadiyahan, fundraising dan  yang terakhir penyaluran bantuan. Lokasi yang di target di rumah Bapak Zainuddin yang beralamat Kampung Sahabat di Jln. Asem Nirbaya RT 15 RW 02 Kel. pinang Ranti Kec. Makasar Jakarta Timur Kode Pos 12560. Kegiatan Kemuhammdiyahan ini bekerja sama dengan Saudara Bendi yang merupakan tokoh di kampung sahabat. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 28 November 2020 mulai pukul 09.00-12.00 WIB.

Dalam kegiatan ini kelompok 4 Kemuhammadiyahan FEB UHAMKA beranggotakan tiga orang yaitu Ryan, Joni dan Shandy serta dinaungi oleh dosen pembimbing kami yaitu Bapak Toto Tohari dan tentunya kegiatan ini sudah terkoordinasi dengan Dosen Pembibing kami.

Setelah koordinasi pun kelompok kami tentunya sudah membuat susunan kepengurusan kelompok dan sudah melakukan fundraising dana selama ± 14 hari yang diperoleh sebesar Rp 1.000.000,00 diperoleh melalui donasi dari seluruh yang masyarakat membantu dan donasi itu berupa keperluan sehari-hari serta uang tunai.

“Kami pun memilih tempat ini karena daerah nya cukup terjangkau dari lokasi kampus dan daerah ini cukup memenuhi kriteria sebagai target pemberdayaan kelompok kami. Pada saat kegiatan pun masyarakat sini sangat terbuka sekali dalam menerima keadaan kita dan bisa dilihat dari sikap sehari- harinya pun sangat ramah tamah sekali” kata Ryan selaku ketua kelompok 4 Kemuhammadiyahan FEB UHAMKA.

Kegiatan ini termasuk kegiatan yang sangat banyak menyita waktu, tenaga dan pikiran. Tetapi rasa itu hilang seketika disaat kita semua melihat keluarga Bapak Zainnudin tersenyum dan rasa senang yang ada pada diri mereka. Ternyata rasa bahagia dan tentram itu bisa di dapatkan dengan mudah dengan cara hidup saling membantu serta saling menghargai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline