Lihat ke Halaman Asli

Pembelajaran Daring Berkendala Bagi Siswa, Dimanakah Peran Orangtua Serta Guru?

Diperbarui: 13 Juni 2021   23:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

globalnews.ca

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan secara online, menggunakan aplikasi pembelajaran maupun jejaring sosial. 

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka, tetapi melalui platform yang telah tersedia. Dalam tema ini kita akan memaparkan terkait peranan guru dan orang tua siswa terhadap kualitas pembelajaran daring.

Dalam menjalankan kebijakan yang tentunya membawa wajah baru bagi pendidikan Indonesia ini tentunya masih terdapat banyak kendala dalam pelaksanaannya, karena tidak semua sekolah yang pernah melakukan sistem pembelajaran daring ini, maka wajar baik pihak guru, peserta didik maupun orang tua/wali peserta didik mendapatkan kendala menghadapi sistem baru ini. 

Berdasarkan hal-hal di atas, penulisan artikel ini menjadi sangat penting agar kita dapat mengetahui bagaimana sebenarnya peran teknologi, guru dan orang tua serta kesiapan para peserta didik dalam menjalani sistem pembelajaran daring.

Dalam pembelajaran daring ini peserta didik dituntut untuk mengikuti pembelajaran dan menerima pembelajaran dengan sistem pemahaman terhadap materi yang mereka dapat dari seorang pendidik. Namun, dalam pembelajaran daring ini hampir 80% peserta didik merasa kesulitan dalam menerima pembelajaran ataupun dengan tugas yang sangat banyak sehingga membuat peserta didik sulit menyelesaikan tugas yang di berikan dengan tepat waktu. Maka dari itu, peran guru dan orang tua disini sangat diperlukan untuk meningkatkan motivasi peserta didik untuk kembali bersemangat untuk belajar.

Manfaat yang akan ditimbulkan dalam peran orang tua dan guru untuk peserta didik itu dapat memotivasi belajar siswa dan meningkatkan semangat dalam mengikuti pembelajaran daring ini. Karena peran orang tua dan guru ini sangat dibutuhkan untuk monitoring dengan cara keterlibatan, fokus, konsisten serta memberi solusi kepada anak. Dan juga harus serba tahu dan terampil dalam menguasai materi pelajaran dan materi yang dihadapi anak.

Dalam pembelajaran daring ini permasalahan yang akan terjadi itu dalam kegitan siswa dirumah yang harus menyesuaikan pembelajaran yang mereka akan dapatkan dari guru.

Peran orang tua sangat penting dan diperlukan sekali dalam pembelajaran daring ini. Permasalahan yang akan timbul seperti perubahan karakter ataupun perilaku para siswa sulit dipantau, Pembelajaran daring cenderung seperti memberikan tugas secara online, lalu tugas diberikan para murid sangat menumpuk, tetapi penyerapan materi pelajaran sangat minimalis.

Dirumah orang tua harus membentuk permasalahan yang terjadi oleh anaknya dan dapat memberikan bimbingan terhadap anak untuk tetap dapat mengikuti pembelajaran. Selain itu, seorang guru juga harus dapat menerapkan perannya walaupun siswa sudah dibimbing dengan orang tuanya, tetapi peran guru juga sangat penting untuk keberlangsungan pembelajaran secara efektif.

Pembelajaran daring sangat membutuhkan peran orang tua, dikarenakan kondisi pandemi yang membuat masyarakat tidak bisa keluar rumah kecuali ada keperluan penting yang mendesak. Sehingga peserta didik sangat membutuhkan bimbingan dan arahan dari orang tua. Selain orang tua, guru juga sangat di perlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran online. Walaupun kondisi sangat sulit untuk melakukan interaksi seperti biasa saat offline, bukan berarti guru hanya memberikan tugas saja tanpa memberikan pemahaman atau penjelasan yang benar terhadap materi yang diajar.

Pembelajaran daring ini memberikan peranan penting untuk seorang guru dan orang tua yang diantaranya:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline