Teknologi digital saat ini sangat berkembang pesat di sejumlah bidang, salah satunya dalam bidang ekonomi dan perdagangan. Dapat di lihat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berlangsung dengan cepat dan canggih. Salah satu contoh yang memiliki dampak besar yaitu adanya penggunaan internet. Semakin berkembangnya era modern saat ini, internet juga semakin canggih dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Begitu pesatnya penggunaan internet memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi secara signifikan.
Berdasarkan hasil survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dalam laman resminya mencatat, pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang atau setara dengan 78,19% dari total populasi di Indonesia yaitu sebanyak 275,77 juta jiwa.
Tingginya penggunaan internet di Indonesia berbarengan dengan berkembangnya bisnis online atau yang biasa disebut dengan e-commerce. Selain itu, pertumbuhan populasi di Indonesia juga berkontribusi terhadap peningkatan pengguna e-commerce, yang sebagian besar adalah konsumen muda yang paham digital. peningkatan pertumbuhan penduduk di Indonesia juga merupakan faktor penyebab meningkatnya pengguna e-commerce, dengan mayoritas dari mereka adalah konsumen muda yang terbuka akan digital. Platform e-commerce dan transaksi digital semakin memengaruhi pemikiran masyarakat karena kepraktisan, kenyamanan, dan efisiensinya.
Pengertian e-commerce
Menurut Loudon (1998) e-commerce adalah proses transaksi dimana pembeli dan penjual menggunakan komputer untuk membeli dan menjual berbagai produk secara elektronik dari satu perusahaan ke perusahaan lain dengan menggunakan komputer sebagai perantara transaksi bisnis yang dilakukan. Namun seiring berjalannya waktu, e-commerce tidak hanya dapat diakses melalui web atau komputer saja, tetapi juga melalui aplikasi.
Jenis-jenis e-commerce di Indonesia
1. Business to Consumer (B2C)
Transaksi ini dilakukan oleh para pelaku usaha yang menyediakan produk dan jasa kepada konsumen yang berbelanja secara online. Contohnya Bhinneka.com dan Tiket.com.
2. Business to Business (B2B)
Transaksi yang dilakukan oleh rekan kerja yang melibatkan penjualan barang atau jasa dan saling memahami bisnis masing-masing. Contohnya Bizzy dan Ralali.
3. Consumer to Consumer (C2C)