Lihat ke Halaman Asli

Shakina Indah

Mahasiswi

KKN-DIK Mahasiswa Bimbingan Konseling Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka di Parakansalak, Sukabumi

Diperbarui: 14 Februari 2024   17:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pri

Mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat atau dapat disebut juga KKN (Kuliah Kerja Nyata) dengan membawakan tema "Revitalisasi Potensi Masyarakat dengan Mengoptimalkan Kepedulian Sosial, Pendidikan, Keagamaan Serta Pengabdian Masyarakat". Pelaksanaan KKN kelompok 8 terdiri dari 10 mahasiswa yang sudah didiskusikan jabatannya masing-masing yang akan dirincikan sebagai berikut:

Ketua Kelompok: Dewita Nur Alfiah Putri

Sekretaris 1:  Shakina Indah Maulidya

Sekretaris 2: Aulia Dwi Ningrum

Bendahara 1: Rachma Amindayani

Bendahara 2: Fakhira Maya. S

Dokumentasi: Cinda Luthfiyana, Rahma Sabila.A, Nurul Afifah, Rido Setiawan

Kegiatan KKN-DIK berlangsung selama 24 hari dimulai dari tanggal 13 Januari 2024 sampai 05 Februari 2024 yang berlokasi di kampung babakan sari RT 04/ RW 04 Desa Parakansalak, Kecamatan Parakansalak.

Kegiatan pada KKN ini terdapat tiga bidang penting yang harus dilaksanakan yaitu, bidang pendidikan, bidang sosial, dan bidang agama. Pada bidang pendidikan, kelompok 8 memberikan pengajaran mengenai membaca dan menulis al-quran di TPQ At-Taqwa, memberikan penjelasan mitigasi bencana gempa bumi dan gunung meletus dengan membuat media pengajaran berupa sterofoam dan kertas edukasi untuk simulasi gempa bumi. Media gunung meletus yang terbuat dari bubur kertas dan menggunakan soda kue, cuka, perwarna makanan, sabun cuci piring, dan air untuk membuat lava. Pada bidang sosial, kelompok 8 melakukan SEBUBA (Senam Bugar Bahagia), pembuatan bank sampah DEBEST (Desa Bersih Sehat), pembuatan plang petunjuk jalan, makan bersama ibu setempat, dan jalan pagi santai bersama ibu setempat. Pada bidang keagamaan, kelompok 8 melakukan  pengajian ibu-ibu serta bapak-bapak sesuai jadwal yang ada, mengikuti kegiatan qosidahan bersama ibu-ibu setempat, kelompok 8 juga melakukan kegiatan membersihkan mushola An-Nur dan melengkapi fasilitas-fasilitas untuk mushola An-Nur.

Selain ketiga bidang utama, KKN-DIK juga mewajibkan untuk memberikan program yang mengarah kepada ke BK-an. Kelompok 8 melakukan kegiatan bimbingan kelompok dan konseling individu di SMA Negeri 1 Parakansalak.

Hal lainnya, KKN-DIK Prodi Bimbingan dan Konseling UHAMKA juga membuat program kerja yang disediakan oleh panitia KKN yaitu lomba mewarnai yang diselenggarakan untuk peserta Taman Kanak-Kanak (TK) sampai dengan Sekolah Dasar. KKN-DIK Prodi Bimbingan dan Konseling UHAMKA juga menyelenggarakan acara puncak yang bernama Sparkan's Festival yang diisi dengan penampilan yang dipersembahkan oleh masing-masing RW di kecamatan Parakansalak dan  pembagian hadiah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline