Pembelajaran daring menjadi tantangan tersendiri baik bagi pengajar, siswa dan pendamping siswa. Masa pandemi Covid-19 merubah segala sistem dalam kehidupan ini termasuk sistem pendidikan yang berubah menjadi daring atau dalam jaringan dan diterapkannya tatap muka virtual melalui zoom. Pembelajaran dilakukan secara daring dengan tujuan agar mengurani penularan virus Covid-19.
Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan kuranglebih 2 tahun ini menimbulkan meningkatnya kejenuhan yang dirasakan oleh siswa sehingga pengajar perlu mencari solusi agar dapat mengurangi kejenuhan siswa.
Media pembelajaran yang inovatif dan menarik dapat membuat siswa tertarik sehingga pengajar perlu mengembangkan media pembelajaran agar dapat meningkatkan motivasi siswa dalam melaksanakan pembelajaran.
Pengenalan Bahasa atau cara membaca dapat diperkenalkan kepada anak mulai dari taman kanak-kanak sebagai dasar untuk berkomunikasi dan membaca.
Menurut KEMENDIKBUD berdasarkan data dari bps bahwa penduduk Indonesia 98% sudah melek huruf dan ditargetkan sebesar 0% capaian untuk buta aksara.
Untuk pendukung program tersebut maka dari itu semenjak taman kanak-kanak perlu diperkenalkan huruf atau cara membaca bahasa dasar agar memudahkan anak dalam berkomunikasi dan membaca untuk meningkatkan literasi baca tulis di Indonesia.
Media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan salahsatunya yaitu games atau aplikasi permainan yang dapat didownload dengan mudah ditelepon seluler sehingga anak bisa belajar sambil bermain karena tampilannya yang menarik dan permainannya yang mudah dipahami.
Permainan atau games ini akan mengurangi kejenuhan anak karena tampilannya yang menarik. Games yang diperkenalkan yaitu abckids karena tampilannya yang mudah dipahami dan mudah dicari ditelepon seluler.
Pengenalan huruf dengan abckids ini sangat menarik karena anak dapat mewarnai huruf dan mengenal nama barang dan huruf dalam kehidupan sehari-hari, selain itu dalam games ini terdapat tantangan yang menarik untuk melatih ingatan anak dalam mengenal huruf dengan tampilan balon yang berwarna warni untuk dipilih sesuai dengan suara huruf yang dianjurkan untuk dipilih.
Dalam permainan ini dapat memilih huruf sesuai dengan ketertarikan siswa, lalu dapat memilih apakah huruf yang diwarnainya huruf besar atau kecil. Selanjutnya memberi warna pada huruf seperti gambar dibawah ini :
Permainan ini mempunyai beragam cara yang dapat membuat anak mudah mengingat huruf dan menerapkannya dalam kehiduapan sehari-hari misalnya permainan mencocokan huruf dan permainan memilih balon yang sesuai dengan anjuran suara dari permainan tersebut misalnya seperti gambar berikut :