Lihat ke Halaman Asli

KKN PULKAM UM 2021

KKN Dusun Watangrejo 2021

Ajak Warga Melek Literasi, KKN Desa Ambeng-ambeng Watangrejo Dirikan Pojok Baca

Diperbarui: 10 Juli 2021   20:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyerahan Sertifikat serah terima Pojok Baca kepada Bapak Kepala Dusun Watangrejo. Dokpri

Gresik - Sabtu, (10/07/2021) Mahasiswa KKN Univeritas Negeri Malang Pulang Kampung Gresik 2021 resmi menyerahkan "Pojok Baca" yang telah didirikan di Balai Dusun Watangrejo dalam rangka pengabdian kepada masyarakat. 

UNESCO menyebutkan Indonesia menduduki urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca. 

Dengan didirikannya Pojok Baca ini diharapkan mampu meningkatkan minat literasi warga Dusun Watangrejo mencakup anak-anak sampai orang dewasa. Hal ini sejalan dengan ungkapan Bapak Febi selaku Kepala Dusun Watangrejo pada acara penyerahan pojok baca (10/07/2021) "Iya, saya berterima kasih sekali dengan adanya pojok baca yang didirikan anak-anak KKN ini semoga warga lebih suka membaca sehingga banyak mengisi kegiatannya dengan hal-hal positif. Alhamdulillah untuk penataan sangat kreatif dan peminat baca kan sangat tertarik akan pojok baca yg kalian buat". Proses penyerahan Pojok Baca dari pihak Team KKN kepada Pihak Dusun Watangrejo ini tetap berjalan sesuai dengan Protokal Kesehatan mengingat adanya Covid-19. Sehingga yang hadir hanya perwakilan-perwakilan Team KKN dan Bapak Kepala Dusun yang mewakili pihak dusun. 

Penyerahan daftar List Buku Pojok Baca beserta Kartu Anggotanya kepada Bapak Kepala Dusun Watangrejo. Dokpri

Lokasi penempatan Pojok Baca ini yaitu terletak di Balai Dusun Watangrejo. Lokasi tersebut dipilih karena rekomendadi Bapak Kepala Dusun supaya nantinya Balai Dusun tersebut juga bisa aktif kembali. Pojok Baca yang diserahkan ini mempunyai total 369 buku dengan banyak jenis buku diantaranya seperti novel, komik, dongeng, buku pelajaran dari SD-SMA, majalah, resep makanan, agama, dll. Sehingga diharapkan Pojok Baca yang didirikan mampu menarik semua kalangan tanpa memandang usia karena buku yang disediakan tidak hanya untuk anak-anak. 

Buku-buku tersebut didapatkan melalui Open Donasi yang dilakukan kepada masyarakat Gresik sebelum Pojok Baca ini didirikan. Banyak masyarajat gresik yang antusias mendonasikan buku-bukunya, terbukti dengan ungkapan Meidinda selaku salah satu penanggung jawab Program Kerja Pojok Baca, "Kita bahkan harus close donasi sebelum tanggal yang telah ditentukan karena buku-buku yang kami terima dari open donasi sudah sangat cukup berkat banyaknya donatur yang ingin mendonasikan buku-bukunya".  Sehingga besar harapan para donatur dan Team KKN supaya buku-buku yang berada di Pojok Baca bisa bermanfaat untuk mengajak warga Dusun Watangrejo lebih giat membaca dan lebih meleh terhadap Literasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline