Lihat ke Halaman Asli

BEM FAHUTAN IPB University Inisiasi TOGA Rangers guna Optimalisasi Tumbuhan Obat di Desa Purwabakti

Diperbarui: 29 Agustus 2023   21:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: PPK Ormawa BEM Fahutan IPB

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (BEM Fahutan) IPB University telah melaksanakan kegiatan lokakarya pertama sebagai pembuka Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa). Kegiatan pengabdian akan dilaksanakan di Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. PPK Ormawa BEM Fahutan mengusung TOGA Rangers sebagai penggerak dalam optimalisasi tumbuhan obat unggulan lokal di Desa Purwabakti agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Purwabakti.

PPK Ormawa BEM Fahutan mengusung program Desa Konservasi Tumbuhan Obat Keluarga (TOGA) yang berfokus terhadap inventarisasi tumbuhan obat keluarga di Desa Purwabakti dan pengolahannya menjadi produk unggulan yang dipasarkan ke khalayak luas. Selain itu, akan dibangun kafe jamu dengan menu utama produk unggulan lokal Desa Purwabakti seperti pohpohan, gula aren, kunyit, lengkuas, dan lainnya. 

Fitrianto Nurfaizin selaku ketua tim PPK Ormawa BEM Fahutan IPB memaparkan 4 pilar utama yang menjadi landasan terbentuknya TOGA Rangers, yaitu master plan yang bertujuan melakukan inventarisasi dan pemetaan kawasan budidaya tumbuhan obat, evergreen yang bertujuan meregenerasi dan pemeliharaan tumbuhan obat sepanjang siklus penanaman, level up untuk peningkatan kualitas produk, dan pentahelix sebagai proses akhir untuk menguatkan kolaborasi sosial kelembagaan.

Kegiatan lokakarya dihadiri oleh dosen pembimbing, yaitu Prof. Dr. Ir. Ervizal A. M. Zuhud, M.S. yang merupakan guru besar dalam bidang tumbuhan obat. Selain itu, kegiatan lokakarya juga dihadiri oleh Tajudin Arifin selaku Kepala Desa Purwabakti, Herdiansyah selaku Ketua Badan Usaha Milik Desa Bhakti Kencana Desa Purwabakti, Rojak selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Purwabakti, Harop Sudirja selaku Pemandu Wisata, Muhammad Ibrahim Ismail selaku Ketua BEM Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University, dan para warga yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan (KTH) dan Kelompok Wanita Tani (KWT). "Masyarakat sangat bahagia, BEM Fahutan kembali membangun kerja sama dengan Desa Purwabakti untuk tahun ketiga ini, diharapkan seluruh kegiatan dapat memberikan manfaat untuk warga dan juga lebih memperkenalkan Desa Purwabakti kepada khalayak luas" ujar Bapak Herdiansyah atau yang biasa disebut Kang Ayong.

Kata kunci: BEM Fahutan, Desa Purwabakti, PPK Ormawa, TOGA Rangers.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline