Lihat ke Halaman Asli

Teknik Pemuliaan Tanaman

Diperbarui: 10 November 2023   20:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pemuliaan tanaman adalah suatu teknik yang digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu suatu tanaman. Contoh teknik pemuliaan tanaman yaitu menyambung (mengenten) dan menempel (okulasi)

a. Menyambung (Mengenten) 

Cara perkembangbiakan dengan cara menyambung (enten) adalah dengan memotong suatu batang tanaman lalu disambung dengan batang tanaman lain yang sejenis tetapi beda sifat. Pada satu pohon tanaman hasil enten dapat menghasilkan dua atau lebih buah atau dengan bunga dengan sifat yang berbeda, misalnya tanaman terong hijau disambung dengan terong ungu, maka dalam satu tanaman dapat menghasilkan terong hijau dan terong ungu. Tanaman Bougainvillea adalah salah satu tanaman yang sering disambung agar dalam satu tanaman terdapat beberapa warna bunga. Misalnya pada suatu cabang batang tanaman Bougainvillea yang berwarna merah disambung dengan potongan cabang batang tanaman Bougainvillea berwarna ungu dan cabang lain disambung dengan cabang yang memiliki bunga berwarna putih. Akan dihasilkan tanaman Bougainvillea yang memiliki bunga beraneka warna dalam satu tanaman.

b. Menempel (Okulasi)

Teknik okulasi atau menempel sering digunakan oleh petani untuk mendapatkan tanaman yang sejenis. Salah satu penerapan teknik okulasi ialah untuk menghasilkan buah jeruk dengan sifat unggul. Terdapat jenis pohon jeruk dengan hasil buah besar dan manis ditempelkan pada batang pohon jeruk yang berbatang kuat. Pohon jeruk yang masih muda tetapi mampu menghasilkan buah dalam jumlah banyak dan rasa yang manis dapat menghasilkan melalui teknik okulasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline